KALIBRASI IDEAL FLOW NETWORK PADA CENTRAL BUSINESS DISTRICT SURABAYA

Cornelius Calvin(1*), Marchello Michael(2),


(1) Mahasiswa, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam merencanakan sebuah jalan sebagai media transportasi yang dapat menghubungkan beberapa tempat, diperlukan sebuah metode sehingga kapasitas jalan yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Apabila desain kapasitas ruas jalan yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan, maka efektifitas ruas jalan tersebut akan berkurang dan dapat mengakibatkan masalah pada ruas jalan lain di jaringan jalan tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini peneliti ingin mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan suatu metode yang bernama ideal flow network. Konsep dari ideal flow network ini adalah besarnya arus yang masuk ke dalam suatu noda harus sama dengan arus yang keluar.
Pada percobaan ini, peneliti mengambil suatu daerah studi dan menganalisa jaringan jalan di daerah tersebut. Dengan menggunakan konsep ideal flow network, akan didapatkan performa jaringan jalan tersebut antara lain maximum congestion, besar arus, kecepatan, waktu tempuh, dan waktu tundaan rata-rata. Selanjutnya, diberikan beberapa skenario pada jaringan jalan tersebut sehingga lebih ideal dan akan dianalisa kembali performa jaringan jalan tersebut. Hasil dari percobaan ini adalah dengan skenario pengubahan arah arus lalu lintas menjadi Jalan Genteng Besar,Yos Sudarso, Ketabang Kali dapat meningkatkan performa jaringan jalan penelitian, dalam hal rata-rata kecepatan meningkat hingga 5.7%, waktu tempuh menurun hingga 8.06 %, dan waktu tundaan menurun 4.5%.


Keywords


ideal flow network, kapasitas, arus

Full Text:

PDF

References


Teknomo, K., Yasushi, T., and Hajime, I. (2001). “Microscopic Pedestrian Simulation Model to Evaluate "Lane-Like Segregation" of Pedestrian Crossing.” Proceedings of Infrastructure Planning Conference, Kouchi, Japan, November 2001.

Teknomo, K. (2020). “Ideal Flow Network (IFN) - An Introduction.” Ideal Flow Network, (Agustus 20, 2021).

Indratmo, D. (2006). Kajian Kapasitas Jalan dan Derajat Kejenuhan Lalu-Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya. APLIKASI, ISSN.1907-753X.

Teknomo, K. (2019). Evaluation of a Proposed Road in a Campus Network based on Ideal Flow. Journal of Computing and Applied Informatics (JoCAI). Vol. 03, No. 2, 120-130.

Teknomo, K (2019). Premagic and Ideal Flow Matrices. Journal of Computing and Applied Informatics (JoCAI). Vol. 03, No. 1, 35-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :