PENJADWALAN DAN OPTIMASI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROYEK PERUMAHAN UNTUK RUMAH DUA LANTAI

Kevin Sugianto(1*), Edwin Shiady(2), Ratna Setiawardani Alifen(3),


(1) Mahasiswa, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebuah proyek konstruksi tentu membutuhkan sumber daya manusia dalam pelaksanaannya. Namun, sumber daya manusia yang tersedia dalam proyek tentu bersifat terbatas, sehingga diperlukan penjadwalan yang dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang tersedia dengan baik agar tidak terjadi masalah akibat fluktuasi alokasi sumber daya manusia. Penelitian ini akan bertujuan untuk melakukan optimasi terhadap sumber daya yang tersedia dalam sebuah proyek perumahan. Proyek yang menjadi objek penelitian adalah proyek rumah tinggal 2 lantai dengan jumlah sampel sebanyak 5 unit dengan kontrak penyelesaian berdurasi 365 hari kalender.
Pada penelitian ini, akan dilakukan proses optimasi sumber daya manusia dengan berdasarkan time-cost trade-off. Tahapan penelitian yaitu dilakukan penjadwalan proyek dengan metode Critical Path Method (CPM) untuk 1 rumah. Kemudian, penjadwalan proyek dilakukan dengan metode Line of Balance (LOB) untuk 5 rumah. Tahapan terakhir yaitu optimasi dengan metode linear programming.
Hasil yang didapat dari penelitian adalah penjadwalan proyek dengan alokasi sumber daya manusia yang optimal dan jumlah biaya yang minimal, beserta perbandingan biaya sebelum dan setelah optimasi, dimana terdapat penghematan biaya sebesar 12,7% dari biaya total untuk upah pekerja. Diberikan dua macam alternatif penyelesaian optimasi yang dapat dipilih. Perbedaannya ialah alternatif 1 mempertahankan waktu penyelesaian berdasarkan kontrak, sedangkan alternatif 2 mempertahankan handover rate sesuai dengan kontrak.


Keywords


optimasi, Critical Path Method, Line of Balance, linear programming, time-cost trade-off

References


Adianto, Y. L. D., & Putro, D. L. (2007). “Analisis Resources Leveling Tenaga Kerja”. Jurnal Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan. Vol. 3, No. 2, 103-203.

Aminudin. (2005). Prinsip-Prinsip Riset Operasi, Erlangga, Jakarta.

Hendrickson, C. (1998). Project Management for Construction: Fundamental Concepts for Owners, Engineers, Architects and Builders, Prentice Hall, New Jersey.

Lumsden, P. (1968). The Line of Balance Method, Pergamon Press, Oxford.

Pilcher, R. (1992). Principles of Construction Management, McGraw-Hill, New York.

Weber, S.C. (2005). Scheduling Construction Projects: Principles and Practices. Pearson, London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :