ANALISA FAKTOR PENYEBAB SENGKETA KONSTRUKSI PADA BANGUNAN APARTEMEN DI KOTA SURABAYA

Elisabeth Novianti(1*), Elisabeth Novianti(2),


(1) Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada proyek konstruksi, kontraktor dan owner akan menjalin suatu hubungan kerjasama yang dapat menimbulkan konflik hingga berujung sengketa. sedangkan berdasarkan riset, dapat diprediksikan akan terjadi banyak permintaan proyek apartemen di surabaya. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab sengketa konstruksi secara umum yang terjadi pada proyek konstruksi bangunan apartemen di kota surabaya. data penelitian didapatkan dari sebaran kuesioner pada 13 proyek bangunan apartemen yang sedang berjalan/baru selesai yang diisi oleh 7 kontraktor dan 7 owner. hasil tersebut juga diperdalam dengan diskusi dan studi kasus kepada responden. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor teknis yang umumnya terjadi menurut owner adalah kegagalan quality assurance, sementara menurut kontraktor adalah mengenai perbedaan pendapat cara evaluasi berbeda. faktor administratif menurut owner adalah changes tidak diikuti secara tertulis, dan kontraktor adalah ketentuan administratif yang bersilang. faktor hukum menurut owner adalah kerugian akibat kegagalan target waktu, menurut kontraktor adalah proses konstruksi terhambat akibat menunggu persetujuan owner. faktor gabungan yang umumnya terjadi menurut owner adalah kontraktor gagal memenuhi kewajibannya, menurut kontraktor adalah perselisihan atas pembayaran

Keywords


sengketa konstruksi, faktor-faktor penyebab sengketa konstruksi, studi kasus apartemen amega crown residence

Full Text:

PDF

References


Arcadis. (2015). “Global Construction Dispute Report 2015 The Higher the Stakes, The Bigger the Risk.” Perspectivess Global Construction Disputes, ( September 5, 2021). Arcadis. (2016). “Global Construction Dispute Report 2016 Don’t Get Left Behind.” Perspectivess Global Construction Disputes, (September 5, 2021).

Djatnika, S. S. (2018). Mitigasi Sengketa Hukum Dalam Kontrak Kerja Konstruksi, Institut Arbiter Indonesia, Banjarmasin, Indonesia.

Ismail, N. (2017). “Human Behavior as a Significant Cause of Conflict among Construction Professional Parties.” International Journal of Academic Research in Business and Social Science, Vol. 7, No. 11, 1345-1355.

Kurniawan, F. (2015, February). “Jenis Sengketa yang Sering Terjadi Pada Proyek Konstruksi di Surabaya.” Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil 2015, Surabaya, Indonesia, September 5, 229 & 231.

Shahab, H. (1996). Aspek Hukum dalam Sengketa bidang Konstruksi, Jakarta, Indonesia.

Sumpeno, W. (2011). “Konflik: Apa, Mengapa dan Bagaimana.” (July 5, 2021).

Jawa Pos (2021). “Suplai Apartemen di Kota Surabaya Terus Meningkat.” , (July 5, 2021).

Susila, H. & Handoyo, S. (2015, December). “Analisis Pengaruh Konflik dalam Pelaksanaan Konstruksi terhadap Kesuksesan Proyek.” Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, Vol. 16, No. 20, 4-5.

Yusuf, M. (2008). “Penyelesaian Sengketa Akibat Kegagalan Bangunan dalam Perjanjian Kerja Konstruksi.” (July 5, 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :