ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PELANGGARAN ATURAN BATAS KECEPATAN PADA RUAS JALAN PERKOTAAN

Jeremy Putra Jaya(1*), David Christ Fernaldy Chandra(2), Rudy Setiawan(3), David Wiyono(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelanggaran aturan batas kecepatan pada ruas jalan Kota Surabaya masih sering terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana responden memahami keberadaan kamera ETLE dan batas kecepatan di ruas jalan, serta faktor-faktor yang dapat memengaruhi pelanggaran batas kecepatan. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk 17 variabel. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online dan didapatkan 117 responden. Sampel responden yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian ini ditentukan dari hasil perhitungan uji slovin. Hasil dari jawaban responden diolah menggunakan SPSS, dan dilakukan beberapa uji seperti, uji validitas dan reliabilitas, dan dilakukan Categorical Principal Components Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukan jika jumlah responden yang mengetahui dan memahami tentang ETLE, jenis pelanggaran ETLE, dan batas kecepatan jalan perkotaan di Surabaya masih setara dengan jumlah responden yang ragu-ragu dan tidak mengetahui maupun memahami hal-hal tersebut. Dan dari indikator, ke-17 variabel tersebut telah tereduksi dan terbagi menjadi 2 dimensi

Keywords


batas kecepatan, mengebut, analisa komponen utama kategorik, jalan perkotaan, pelanggaran lalu lintas, etle, faktor utama.

Full Text:

PDF

References


Alonso, Fr. (2013). “Speed and Road Accidents: Behaviors, Motives, and Assessment of the Effectiveness of Penalties for Speeding.” American Journal of Applied Psychology. Vol. 1, No.3, 58-64.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2019). Kota Surabaya Dalam Angka 2019, Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, Indonesia.

Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Indonesia.

Ditlantas Polda Jatim. (2022). “Etle Polda Jawa Timur.” Etle Polda Jawa Timur (Juli 10, 2021)

Eisingerich, Rubera. (2010). “Drivers of brand commitment: A cross-national investigation.” Journal of International Marketing. Vol. 18, No. 2, 64-79.

Kusuma, A., Maulina, D., & Hutami, A. M. (2019). “Analysis Of Speed And Social-Psychology Factors Of Speeding Behaviour On Drivers In DkI Jakarta.” Traffic Accident Research Centre Journal of Indonesia Road Safety. Vol. 2, No.3, 133-148.

Sriningsih, M., Hatidja, D., dan Orang, J. D. (2018). “Penanganan Multikolinearitas dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama pada Kasus Impor Beras di Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Ilmiah Sains. Vol. 18, No. 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung, Indonesia. Wijayanto, J. (2021). “ Setahun Ada 3.755 Orang Tewas Akibat Laka Lantas di Jatim.” Radar Surabaya. (Juli 10, 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :