ANALISIS PENYEDIAAN FASILITAS DAN KETAATAN PELAKU KONSTRUKSI DALAM PENERAPAN K3 SELAMA MASA PANDEMI PADA PROYEK RUMAH SAKIT DI DESA MALALA, SULAWESI TENGAH

Christina Amanda Stephanie(1*), David Kriwangko(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Konstruksi merupakan sektor usaha yang memiliki risiko besar dalam penyebaran COVID-19. Hal ini karena COVID-19 memiliki tingkat penyebaran tinggi sehingga berbahaya melakukan aktivitas di keramaian. Oleh karena itu pemerintah membuat peraturan K3 baru selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaku konstruksi menaati peraturan tersebut selama bekerja di proyek. Proyek yang diteliti adalah sebuah proyek pembangunan gedung rawat inap 2 lantai di rumah sakit yang berlokasi di Desa Malala, Sulawesi Tengah. Metode penelitian dilakukan dengan studi literatur untuk menyusun kuesioner dan dibagikan kepada pekerja dan staff kontraktor di lapangan. Kuesioner dibagi menjadi dua yaitu penyediaan fasilitas dan sikap pelaku konstruksi dalam menaati K3. Data kemudian diolah dengan analisis deskriptif untuk melihat rata-rata item kuesioner sehingga mendapatkan evaluasi penyediaan fasilitas kesehatan dan evaluasi sikap ketaatan pelaku konstruksi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kontraktor sudah menyediakan hampir semua fasilitas yaitu 10 dari 13 item fasilitas (76.92%). Sedangkan untuk sikap pelaku konstruksi, ketaatan pekerja berada di antara pernah ditaati dan kadang ditaati yaitu 2.58. Pekerja telah menaati 9 dari 29 item pelaksanaan (31.03%). Ketaatan staff kontraktor juga berada di antara pernah ditaati dan kadang ditaati yaitu 2.84. Staff kontraktor telah menaati 18 dari 38 item pelaksanaan (47.37%).

Keywords


K3, ketaatan, pandemi

Full Text:

PDF

References


Bocchiaro, P. Dan Zamperini, A. (2012). Conformity, Obedience, Disobedience: The Power of the Situation, Psychology. China: In Tech.

Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2020). Instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 02/IN/M/2020 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2020). Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 18/SE/M/2020 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Tatanan dan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :