ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI KERJA PADA STAF PERUSAHAAN KONTRAKTOR DI SURABAYA

Angelina Tjandra Santosa(1*), Ailani Dewi Winarto(2), Herry Pintardi Chandra(3), Suhendro Ratnawidjaja(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi kerja merupakan prioritas utama dalam sistem manajemen sumber daya manusia. Jika organisasi memiliki staf yang memiliki prestasi kerja yang tinggi, maka tujuan dari organisasi akan tercapai dengan cepat. Ada 3 faktor yang mempengaruhi prestasi kerja seorang individu yaitu effort, ability, dan organizational support. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh effort, ability, dan organizational support terhadap prestasi kerja staf perusahaan kontraktor di Surabaya. Data diperoleh dari hasil pengisian kuesioner yang disebarkan pada staf perusahaan kontraktor di Surabaya yang menempati posisi middle level management. Contoh staf yang menduduki posisi middle level management yaitu mereka yang memiliki jabatan di bawah project manager dan diatas mandor. Penelitian ini menggunakan metode PLS dengan bantuan program Smart-PLS. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa effort, ability, dan organizational support terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Pada variabel effort indikator yang paling mempengaruhi yaitu motivasi. Pada variabel ability indikator yang paling mempengaruhi adalah bakat. Dan pada variabel organizational support indikator yang paling mempengaruhi yaitu manajemen.

Keywords


prestasi kerja, effort, ability, organizational support

Full Text:

PDF

References


Anwar, P. A. S., & Masdupi, E. (2015). “Analisis Pengaruh Kemampuan, Upaya, dan Dukungan Pihak Eksternal terhadap Kinerja Pemilik Usaha pada UKM Unggulan Mitra Binaan PT Semen Padang.” Jurnal Riset Manajemen Bisnis dan Publik. Vol. 3, No. 2.

Fishbein, M. (1967). Attitude and the Prediction of Behavior, Wiley, New York.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia, Center for Academic Publishing Service, Yogyakarta.

Indarjanti, P., & Bodroastuti, T. (2012). “Pengaruh Kemampuan, Usaha, dan Dukungan Organisasi terhadap Kinerja.” Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis. Vol. 1, No. 1. 64-83.

Kurniawan, M. (2018). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Excelmindo Engineering Indonesia Sumatera.” Jurnal Media Wahana Ekonomika. Vol 15, No. 3, 39-52.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2010). Human Resource Management. Joseph Sabatino.

Mitchell, T. R., & Nebeker, D. M. (1973). “Expectancy Theory Predictions of Academic Effort and Performance.” Journal of Applied Psychology. Vol. 57, No. 1, 61-67.

Parsons, T. (1968). The Structure of Social Action, Free Press, New York.

Rahmawati, A. H., Hamid, D., & Utami, H. N. (2013). “Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada Pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya).” Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6, No. 2. 1-9.

Ratnasari, S. L. (2013). “Pengaruh Faktor-Faktor Pelatihan terhadap Prestasi Kerja Karyawan Departemen Produksi PT. X Batam.” Buletin Studi Ekonomi. Vol. 18, No. 1, 43-50.

Randall, M. L., Cropanzano, R., Bormann, C. A., & Birjulin, A. (1999). “Organizational Politics and Organizational Support As Predictors of Work Attitudes, Job Performance and Organizational Citizenship Behavior.” Journal of Organizational Behavior. Vol 20, 159-174.

Wann Yih, W., & Htaik, S. (2011). The Impact of Perceived Organizational Support, Job Satisfaction, and Organizational Support on Job Performance In Hotel Industry. The 11 International DSI And The 16th APDSI Joint Conference, Taipei, Taiwan, July 12 -16


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :