PERBANDINGAN KOMPOSISI PEKERJA PASANGAN DINDING BATA ANTARA SNI 2008 DENGAN KENYATAAN DI LAPANGAN PADA PROYEK PERUMAHAN

Stanislaus Tjahjadi(1*), Yonathan Hans Christian(2), Ratna Setiawardani Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Komposisi pekerja merupakan salah satu hal pendukung untuk mencapai produktivitas yang diinginkan. Dalam hal ini yang dimaksud komposisi pekerja adalah komposisi pekerja untuk tukang ahli dan pekerja saja. Komposisi pekerja yang terdapat pada proyek perumahan ini akan dibandingkan dengan komposisi pekerja menurut SNI 2008, dalam hal ini digunakan SNI 2008 sebagai acuan.
Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data sesuai keadaan di lapangan dengan mencatat komposisi pekerja, jam kerja efektif, dan hasil pekerjaan per harinya. Setelah itu dilakukan analisa untuk mengetahui komposisi pekerja yang paling efektif dengan menghitung harga satuan pekerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi pekerja untuk pekerjaan dinding pasangan batu bata di lapangan tidak sama seperti SNI 2008. Komposisi pekerja menurut SNI yaitu komposisi pekerja 1:3, sedangkan komposisi pekerja di lapangan dibagi menjadi 2 dalam aplikasinya, yaitu komposisi pekerja 4:5 ketika tidak menggunakan perancah dan komposisi pekerja 5:7 ketika menggunakan perancah. Penelitian ini juga mendapatkan beberapa faktor produktivitas yang terjadi di lapangan selama pengamatan dilakukan.

Keywords


komposisi pekerja, faktor produktivitas, pasangan dinding bata

Full Text:

PDF

References


Handbook Standar Nasional Indonesia (SNI) (2008) Analisa Biaya Konstruksi Badan Standardisasi Nasional.

Olomolaiye, Paul O. (1998). Construction Productivity Management. Prentice Hall : England.

Pilcher, Roy. (1992). Principles of Construction Management, Third Edition. McGraw-Hill Book Company Limited : United Kingdom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :