PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS ALAT HYDRAULIC HAMMER DAN JACK IN PILE DI SURABAYA

Risanto Tedjokusumo(1*), Verryanto Goenawan(2), Paravita S. Wulandari(3), Jonathan Hendra Kusuma(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelaksanaan pemancangan untuk pondasi suatu bangunan merupakan elemen penting yang dilakukan pada awal pembangunan. Produktivitas dari pelaksanaan pemancangan di setiap wilayah berbeda – beda tergantung pada wilayah dan alat pancangnya yaitu hydraulic hammer dan jack in pile. Faktor - faktor yang mempengaruhi produktivitas dari setiap alat berbeda antara alat kedua alat tersebut. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data pemancangan dengan alat hydraulic hammer dan jack in pile dari proyek – proyek yang berada di wilayah Surabaya yaitu bagian Utara, Barat, Timur, dan Selatan. Semua data yang ada diuji kenormalan datanya dan dicari nilai produktivitas pemancangan tiap alat dari tiap wilayah. Nilai produktivitas itu kemudian dianalisa dari faktor – faktor yang mempengaruhi pemancangan kemudian dilakukan perbandingan dari kedua alat tersebut. Dari hasil perhitungan produktivitas yang didapat, di wilayah Surabaya produktivitas hydraulic hammer lebih besar daripada produktivitas jack in pile. Penyebab dari tingginya produktivitas hydraulic hammer adalah karena mobilitas dan proses pengerjaan pemancangan hydraulic hammer lebih cepat jika dibandingkan dengan alat jack in pile. Walaupun alat hydraulic hammer lebih tinggi produktivitasnya tetapi alat jack in pile masih menjadi pilihan utama dalam pemancangan di Surabaya karena tidak menimbulkan kebisingan dan dalam penggunaan alat harus mempertimbangkan faktor - faktor yang mempengaruhinya.

Keywords


produktivitas, alat pancang, faktor pemancangan, Surabaya

Full Text:

PDF

References


Kasih, I.F. dan Chandra, L. (2010). Produktivitas Pemancangan Tiang Pancang di Beberapa Lokasi di Surabaya. Tugas Akhir No.21011825/SIP/2012. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Peurifoy, R.L., Ledbetter, W.L., dan Schexnayder, C.J. (2002). Construction, Planning, Equipment, and Methods, 6th Ed, McGraw-Hill, New York.

Pilcher, Roy. (1992). Principles of Construction Management 3rd, McGraw-Hill Book Company Europe, England.

Ranftl, R.M. (1978). R&D Productivity – study report. (February, 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :