PROGRAM PERHITUNGAN EFEKTIVITAS WAKTU DAN BIAYA PEMAKAIAN TOWER CRANE

Paulus Eric Hartono(1*), Noviyanti .(2), Ratna S. Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra,
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada pelaksanaan proyek gedung bertingkat, Tower Crane (TC) merupakan alat untuk mengangkat material baik arah vertikal maupun horisontal. Untuk efisiensi biaya proyek, perkiraan jadwal dan waktu penggunaan TC perlu direncanakan sebelum pelaksanaan konstruksi.TC umumnya digunakan pada banyak pekerjaan dengan karakteristik berbeda seperti pekerjaan pengangkatan tulangan, bekisting, pengecoran, dan lain-lain, sehingga perlu diperhatikan waktu penggunaan TC yang berkaitan dengan schedule proyek, dimana keterlambatan waktu pekerjaan di lapangan dapat mengakibatkan durasi yang lebih untuk TC dan akan mempengaruhi pertambahan biaya yang dikeluarkan pada proyek. Oleh sebab itu, diperlukan program yang dapat menghitung efektivitas waktu dan biaya pemakaian TC. Dengan mempelajari karakteristik dan spesifikasi TC serta observasi lapangan pada proyek Educity Residence, Surabaya, maka dibuatlah program perhitungan efektivitas waktu dan biaya pemakaian TC. Perkiraan waktu mencakup gerakan horisontal (Trolley), vertikal (hoist), dan rotasi (swing) yang dihitung secara matematis untuk setiap jenis pekerjaan dengan memperhatikan kondisi manajemen dan kondisi pekerjaan. Hasil dari program ini diharapkan dapat membantu kontraktor dalam mengatur pemakaian TC di lapangan.

Keywords


tower crane, trolley, hoist, swing, biaya, efektivitas

Full Text:

PDF

References


Day, D. A. (1973). Construction Equipment Guide (First). John Wiley & Sons,Inc. Canada.

Fatena, Susy. (2008). Alat Berat untuk Proyek Konstruksi. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Nunally, S. W.(2007). Construction Methods and Management (Ketujuh). Prentice Hall Inc.

New Jersey.

Peurifoy, R.L.; Ledbetter, W.B.; Martono, D. (1985). Perencanaan, Peralatan, dan Metode Konstruksi (Keempat.). Erlangga. Jakarta.

Rochmanhadi.(1985). Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan dengan Menggunakan Alat-Alat Berat. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :