KEPERCAYAAN SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR KEPUASAN KERJA UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN PROYEK PERUMAHAN

Michael Prayitno Ondy(1*), James Wijaya Oei(2), Herry Pintardi Chandra(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel yang paling dominan dalam membetuk kepercayaan diantara competence trust, integrity trust dan intuitive trust dan untuk mengetahui pengaruh hubungan kepercayaan terhadap kesuksesan proyek dengan menggunakan kepuasan kerjasama sebagai mediator. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan kontraktor yang telah mengerjakan atau menyelesaikan proyek di wilayah Surabaya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden, yang terdiri dari 23 owner (pemilik proyek) dan 17 orang kontraktor (pelaksana proyek). Analisis data dilakukan dengan bantuan software IBM SPSS 20 dan Smart PLS. Dari ketiga variabel yang membentuk variabel Trust (X), dapat disimpulkan bahwa model yang paling dominan dalam membentuk kepercayaan dalam pelaksanaan proyek adalah Integrity Trust, dengan mean loading factor sebesar 0,8402. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Trust memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap Kesuksesan Proyek dengan menggunakan Kepuasan Kerjasama sebagai mediator, dimana koefisiensi pengaruh tidak langsung dari Trust ke Kepuasan Kepuasan Kerjasama dan ke Kesuksesan Proyek, yaitu sebesar 0,5745 (57,45%), lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsung dari Trust ke Kesuksesan Proyek, yaitu sebesar 0,3390 (33,90%).

Keywords


kepercayaan, kepuasan, kesuksesan proyek

Full Text:

PDF

References


Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan PLS edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hamilton, E.A. (2007). Firm Friendship: Examining Functions and Outcomes of Workplace Friendship among Law Firm Associates (Unpublished doctoral dissertation). Boston College. Boston, MA.

Hartman FT. (2002). The Role of Trust in Project Management. In: Slevin DP, Cleland DI, Pinto JK, editors. The Frontiers of Project Management Research. PA: Project Management Institute, Newtown Square, 225–35.

Kramer, R. M. (1999). Trust and Distrust in Organizations : Emerging Perspectives, Enduring Questions. Annual Review of Psycholog. (50), 569-586.

Locke, E.A. (1976). “The Nature and Causes of Job Satisfaction”, Edited by M.D.Dunnette, Handbook of Industrial and Organizational Psychology, McNally, Chicago.

Mayer, R.C., Davis, J.H., Schoorman, F.D. (1995). “An Integrative Model of Organizational Trust”. Academy of Management Review: 20(3), 709-734.

Mitchel, T.R., and Larson, J.R, jr. (1987). “People in Organization”, McGraw – Hill International Inc ,Singapore.

More than a social virtue. (2003). “Public among Organizations” Most Valuable Assets. Communication World, 20,10-12.

Pinto, J.K., Slevin, D., and English, B. (2009). “Trust in Projects: An Empirical Assessment of Owner/Contractor Relationships”. International Journal of Project Management. (27), 638–648.

Rich, G. (1997), “The Sales Manager as a Role Model: Effects on Trust, Job Satisfaction, and Performance of Salespeople”. Journal of the Academy of Marketing Science. Vol. 25, no. 4

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, CV Alfabeta, Bandung.

Sukmadinata , (2006). Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :