PERBANDINGAN APLIKASI PROGRAM MICROSOFT PROJECT DAN PRIMAVERA DALAM PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI

Icha Kristy Octavia(1*), Elliot Caesar Tandoyo(2), Paulus Nugraha(3), Sandra Lukito(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam proses pembuatan penjadwalan proyek tidak dipungkiri ada banyak kendala, hal ini diakibatkan dari berbedanya tingkat kerumitan tiap proyek. Oleh karena itu diperlukan aplikasi program yang sesuai dengan berbagai macam kebutuhan perusahaan/ latar belakang pengguna dalam membantu mengelola sebuah proyek konstruksi agar efektif dan efisien. Diantara berbagai aplikasi program yang ada sekarang ini Microsoft Project dan Primavera adalah aplikasi program profesional yang masih berkembang dan paling sering digunakan oleh project planner, project control, scheduler,
project manager, estimator, dan lain-lain. Penelitian ini membandingkan kelebihan dan kelemahan kedua aplikasi program dengan memakai pendekatan studi literatur, mengintepretasikan dalam aplikasi program, menggunakan semua fitur aplikasi program yang tersedia, dan kemudian
membandingkan kedua aplikasi program berdasarkan 12 kategori menurut J. D. Witt sebagai kerangka dasar penelitian. Hasil penelitian menunjukan keduanya memiliki kemampuan yang relatif sama. Disatu pihak, Microsoft Project sangat user frindly, tidak memerlukan waktu yang lama dalam menyelesaikan hubungan antar aktivitas, sangat kompatible dengan Microsoft Excel, memiliki kemampuan membuat jadwal kerja/ sistem kalendering dengan berbagai macam constraints, dan sangat baik digunakan pada proyek skala kecil. Sedangkan, Primavera baik dalam menampilkan grafik resource, cost, dan kurva S, mengatur informasi proyek dengan menggunakan kode aktivitas dan sangat baik digunakan pada proyek skala menengah sampai besar.

Keywords


penjadwalan proyek, aplikasi program, Microsoft Project, Primavera

Full Text:

PDF

References


Hasan, Fared Habibie. (2002). Studi Perbandingan Aplikasi Program Software Microsoft Project 2000 Dan Primavera Suretrak Project Manager Ver. 3 Pada Manajemen Proyek Konstruksi.

(TA No. 400/FT.01/SKRIP/01/2002). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Indonesia, Jakarta.

Harris, Paul E. (2010). Calculation Differences When Importing From Microsoft Project 2003-2010 Into Oracle Primavera P6 Version 7. Eastwood Harris Pty Ltd: Melbourne.

Hermawan, Aris. (2006). Penggunaan Perangkat Lunak dalam Pengelolaan Proyek Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil Fakultas Teknik Unika Soegijapranata, volume III, No. 1, 1-7.

Putra. (2009) ”Microsoft Project vs Primavera Project Planner.” Cumikecap. 3 Mei. 2009.

Witt, Jan De. (1990). An Evaluation of Microcomputer-Based Software Packages for Project Management. European Journal of Operational Research, 49, 102-139.

“Installing Oracle Primavera P6 Professional Standalone.” Document Transcript. 2012.

“System requirements for Office 2010.” TechNet Library. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :