EVALUASI SISTEM MANAJEMEN K3 TERHADAP METODE PEMANCANGAN JACK-IN PILE

Filbert .(1*), Garry .(2), Sugie .(3), Jonathan H. Kusuma(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pekerjaan Pekerjaan pondasi menggunakan metode jack-in pile sering kali menjadi pilihan pada proyek-proyek konstruksi di Surabaya. Meskipun lebih praktis dibandingkan metode lain, metode ini tetap menggunakan banyak alat berat sehingga kontraktor perlu memperhatikan penerapan peraturan untuk keselamatan para pekerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem manajemen K3 yang telah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan kontraktor pemancangan sudah sesuai dengan peraturan yang ada atau tidak, serta mengetahui faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya kecelakaan kerja. Dari hasil 2 metode penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil yang cukup berbeda. Hasil wawancara tidak sesuai dengan hasil observasi di lapangan. Persentase penerapan yang mencapai 87,5% pada saat wawancara ternyata berbeda jauh dengan kenyataannya yang hanya mencapai persentase 53,85%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa belum semua sistem manajemen K3 yang direncanakan oleh perusahaan-perusahaan kontraktor pemancangan diaplikasikan dengan baik di lapangan. Perusahaan tidak pernah menyediakan rambu-rambu K3 yang menyebabkan kesadaran yang rendah dari para pekerjanya untuk mentaati peraturan-peraturan, sebagai contoh, pekerja yang menggunakan helm hanya 38%, operator yang menggunakan pelindung kepala hanya 25%, kebersihan dan ketertiban di proyek masih sangat buruk.

Keywords


jack-in pile, pemancangan, factor-faktor, kecelakaan kerja, peraturan keselamatan kerja, K3

Full Text:

PDF

References


Undang-undang RI No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. (1970). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia. (1996). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia. (PER.05/MEN/1966).

www.OSHA.gov

Holt, A. S. J. (2001). Principles of Construction Safety. Blackwell Science Ltd, Oxford

Parameter Desain untuk Perencanaan Jacked In Pile (1995). (Tugas Akhir No. 632.S). Universitas Kristen Petra, Surabaya

Produktivitas Pemancangan dengan Jack-In Pile pada Proyek Showrooom(2010). (Tugas Akhir No.21011722/SIP/2010). Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :