PEKERJAAN SAMBUNGAN ANTARA STRUKTUR PEDESTAL, KOLOM DAN BALOK ATAS

Ferdinandus Eddy Handoyo(1*), Johan .(2), Sentosa Limanto(3), Johanes Indrojono Suwono(4),


(1) Mahasiswa Progam Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Progam Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen pembimbing Progam Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen pembimbing Progam Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi pembuatan konstruksi bangunan beton makin berkembang dari material beton ringan sampai panel pracetak. Banyaknya konstruksi yang menggunakan metode beton pracetak yang membuat waktu lebih cepat dan lebih dapat dikontrol mutu betonnya. Penelitian elemen struktur bagian atas yaitu kolom dan balok atas pracetak dengan mutu K-150. Pekerjaan ini dimanfaatkan untuk pekerjaan rumah sederhana satu lantai, sehingga diharapkan dapat menghemat waktu pengerjaan dan pelaksanaan dalam pekerjaan struktur bagian atas, dan lebih memajukan perkembangan teknologi konstruksi bangunan yaitu sistem bongkar pasang untuk struktur antara pedestal dengan kolom dan kolom dengan balok atas. Hasil penelitian diperoleh struktur ini dapat stabil jika penurunan dari tanah 1/100 dari panjang sloof yang ada atau kurang dari 1/50 dari panjang sloof yang ada. Sehingga struktur masih berdiri dengan stabil.

Keywords


pekerjaan sambungan, konstruksi bongkar pasang, beton mutu K-150 , sambungan kolom dan balok atas pracetak, rumah sederhana

Full Text:

PDF

References


Henderson, Albert. (1951). Patent No. 2,569,669 1951. Pittsburgh, pa.

Wuisan, Danny dan Raharjo, Christian. ( 2012 ). “ Sambungan pada Pedestal Pondasi, Kolom, dan Sloof Beton Bertulang untuk Rumah Sederhana Satu Lantai”. Surabaya.

Martin, L.D dan Korkosz, W.J, (1982). “Connections for Precast Prestressed Concrete Buildings”, PCI, Washington, D.C


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :