STUDI KASUS PENERAPAN METODE PERT PADA PROYEK GUDANG X

Christian .(1*), Cefiro .(2), Sentosa L.(3),


(1) 1Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) 1Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) 3Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan yang sedang marak terjadi pada saat ini ialah pembangunan gudang khususnya di Surabaya. Gudang merupakan penanda pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Untuk dapat melakukan pembangunan secara profesional, para kontraktor harus dapat membuat perencanaan kerja yang matang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa penjadwalan proyek gudang dengan menerapkan metode PERT.
Metode PERT (Project Evaluation Review Technique) merupakan metode yang bertujuan untuk memprediksi durasi dari suatu proyek dan menghitung kemungkinan terjadinya waktu yang diharapkan. Untuk mendapatkan hasil te (time expected) dari metode PERT, dibutuhkan data ta (waktu optimis) ,tb (waktu pesimis) , dan tm (waktu yang paling mungkin terjadi).
Pengamatan lapangan dilakukan untuk mendapatkan Time Schedule, jumlah pekerja lapangan , Gambar Teknik proyek Gudang, dan ta tb untuk metode PERT. Dari pengolahan data didapatkan tm yang digunakan penghitungan durasi metode PERT. Dengan durasi perhitungan metode PERT, didapatkan durasi pembangunan gudang versi metode PERT.
Dari Time Schedule kontraktor didapatkan durasi pembangunan gudang selama 28 minggu. Dari perhitungan metode PERT didapatkan durasi selama 32 minggu. Dari pengamatan lapangan hingga 1 Juni 2013 diketahui bahwa durasi lapangan lebih mendekati pada durasi perhitungan metode PERT daripada durasi Time Schedule.

Keywords


PERT, gudang, jadwal, durasi, time schedule, jalur kritis

Full Text:

PDF

References


Badri, S. (1997). Dasar-Dasar Network Planing, PT Rika Cipta, Jakarta.

Bennatan, E.M. (1995). One Time within Budget : Software Project Management Practice and Techniques, John Wiley and Sons, Inc, New York.

Hamilton, A. (1997). Management by Projecst, Thomas Telford, London.

Kerzner, H. (2009). Project Management : A System Approach to Planning, Scheduling, and Controlling, John Willey & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey.

Levin, Richard I. dan Charles A Kirkpatrick. (1972). Perencanaan dan Pengendalian dengan PERT dan CPM, Balai Aksara, Jakarta.

Soeharto, Iman. (1999). Manajemen Proyek : Dari Konseptual sampai Operasional, Erlangga, Jakarta.

Uher, Thomas E. (1996). Programming and Schedulling Techniques, School of Building, The University of New South Wales.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :