EVALUASI KINERJA DIRECT DISPLACEMENT-BASED DESIGN DAN FORCE BASED DESIGN BANGUNAN IRREGULAR PLAN 6-LANTAI

Charly Wijaya(1*), Stephen Wibiatma Wijaya(2), Ima Muljati(3), Pamuda Pudjisuryadi(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Direct Displacement-Based Design (DDBD) merupakan metode baru dalam perhitungan struktur bangunan terhadap gempa yang membutuhkan verifikasi secara global. Metode ini memiliki proses perhitungan yang lebih singkat dan sederhana jika dibandingkan dengan metode Force Based Design (FBD) yang telah banyak diaplikasikan saat ini. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja bangunan yang dihitung dengan masing-masing metode untuk melihat performanya terhadap target desain sehingga dapat diverifikasi keandalannya. Bangunan yang diteliti memiliki bentuk irregular plan setinggi 6-lantai yang berada pada wilayah gempa 2 dan 6 Peta Gempa Indonesia. Verifikasi terhadap kinerja bangunan didapatkan dari hasil analisis dynamic nonlinear time history. Hasil verifikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua metode memberikan kinerja yang baik, namun bangunan yang didesain menggunakan metode DDBD lebih mendekati target desain yang telah ditentukan sebelumnya dibandingkan dengan yang menggunakan metode FBD. Selain itu, metode DDBD cocok untuk diterapkan pada konsep Performance Based Design yang memakai drift sebagai batasan desain.

Keywords


DDBD, FBD, irregularity

Full Text:

PDF

References


ACMC 2001. (2001). Asian Concrete Model Code Level 1 & 2 Documents. Tokyo: Author.

Computer and Structures, Inc. (2005). ETABS v9.6.0, Extended Three Dimensional Analysis of Building System. Berkeley, California, USA: Author.

Departemen Pekerjaan Umum. (2002). SNI-03-2847-2002. Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Montejo, L.A. and Kowalsky, M.J. (2007). CUMBIA. Department of Civil, Construction and Environmental Engineering. North Carolina State University, USA : North Carolina.

Pinto, P.E. (1997). Seismic Design of RC Structures for Controlled Inelastic Response, CEB Bulletin No.236, Comite Euro-International du Beton, Lausanne, Switzerland.

Priestley, M.J.N, Calvi, G.M and Kowalsky, M.J. (2007). Displacement- Based Seismic Design of Structure. IUSS Press. Pavia.

SeismoSoft, SeismoStruct – A Computer Program for Static and Dynamic Nonlinear Analysis of Framed Structure, (2007)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :