FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA MENGGUNAKAN MOBIL KE KAMPUS BERDASARKAN TEORI PERILAKU TERENCANA

Audi Christian Tedja Tee(1*), Hanemas Panita Montiara(2), Rudy Setiawan(3), Harry Patmadjaja(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Transportasi memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan kualitas hidup manusia. Seiring berjalannya waktu, transportasi mengalami perkembangan. Hal ini berdampak pada bertambahnya jumlah kendaraan yang beredar yang disebut juga dengan motorisasi. Fenomena serupa juga terjadi di kampus dimana terdapat peningkatan jumlah mobil yang beredar di kampus. Pihak kampus dapat menerapkan Manajemen Transportasi Kampus untuk mengatasinya, namun akan lebih efektif apabila dapat diketahui faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk lebih memilih menggunakan mobil.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang paling mempengaruhi mahasiswa menggunakan mobil ke kampus berdasarkan Teori Perilaku Terencana dengan mengesampingkan faktor biaya dan waktu. Responden adalah mahasiswa yang secara rutin menggunakan mobil ke kampus. Data yang diperoleh selanjutnya akan diolah dengan bantuan program Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa diantara ketiga faktor dari Teori Perilaku Terencana, diketahui bahwa perceived behavioral control adalah faktor yang paling mempengaruhi intensi yang nantinya akan berpengaruh pada behavior.

Keywords


teori perilaku terencana, manajemen transportasi kampus, structural equation modelling.

Full Text:

PDF

References


Domarchi, C., Tudela, A., & González, A. (2008). Effect of Attitudes, Habit and Affective Appraisal on Mode Choice: an Application to University Workers. Transportation, 35(5), 585–599.

Klockner, C. A., & Matthies, E. (2009). Structural Modeling of Car Use on the Way to the University in Different Settings: Interplay of Norms , Habits , Situational Restraints , and Perceived Behavioral Control, (7491), 1807–1834.

Steg, L. (2005). "Car Use: Lust and Must. Instrumental, Symbolic and Affective Motives for Car Use." Transportation Research Part A: Policy and Practice, 39(2-3), 147–162. doi:10.1016/j.tra.2004.07.001

Steg, L., & Gifford, R. (2005). "Sustainable Transportation and Quality of Life." Journal of Transport Geography, 13(1), 59–69. doi:10.1016/j.jtrangeo.2004.11.003

Susilo, Y. O., Santosa, W., Joewono, T. B., & Parikesit, D. (2007). A Reflection of Motorization and Public Transport in Jakarta Metrpolitan Area.

Wijanto, S. H. (2008). Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :