PENERAPAN PENGGUNAAN APD DI DUNIA KONSTRUKSI BERDASARKAN REGULASI YANG BERLAKU

Vandarina - Eden, Nikolaus - Lukyanto, Herry Pintardi Pintardi Chandra, Suhendro - Ratnawidjaja

Abstract


Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sangat berperan penting terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan penggunaan APD serta penerapannya berdasarkan 3 sumber, PerMenakerTrans NOMOR : PER.08/MEN/VII/2010 dan UU No. 1 Tahun 1970, beberapa sumber artikel dan jurnal, dan Instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat NOMOR: 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaran Jasa Konstruksi di perusahaan kontraktor BUMN dan Swasta. Pengumpulan data dilakukan dengan survei terhadap HSE, Project Manager, Site Manager, Surveyor, Supervisor, dan Site Manager di perusahaan yang pernah atau sedang menjalankan proyek bangunan tinggi. Pada faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan penggunaan APD seluruh total responden dan BUMN, pekerja yang patuh menjadi salah satu faktor berkurangnya angka kecelakaan kerja menjadi faktor terpenting. Sedangkan pada perusahaan kontraktor swasta perlu adanya sanksi terhadap tenaga kerja yang melanggar penggunaan APD menjadi faktor terpenting. Terdapat perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan penggunaan APD pada perusahaan kontraktor BUMN dan swasta. Dalam penerapan penggunaan APD dalam total responden dan perusahaan BUMN, penerapan 5M menjadi faktor terpenting sedangkan pada kontraktor swasta penerapan 3T menjadi faktor terpenting. Berdasarkan artikel dan jurnal terdapat perbedaan penerapan penggunaan APD antara kontraktor BUMN dan swasta.

Keywords


APD, faktor-faktor, penerapan, kontraktor BUMN, kontraktor swasta, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Daksana Bumi Teknik. (2019). “Manfaat Helmet Safety dan Tips Penggunaannya.” Daksana Bumi Teknik. www.daksanabumiteknik.com/2019/12/10/helmet-safety. Accessed 26 Feb. 2021.

Gunara, S. (2017). Buku Pedoman Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, SCBD, Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. (2020). Instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 02 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. (1980). Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 1980 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Konstruksi Bangunan.

Milyardi, R. (2020). “Perbandingan Karakteristik Manajemen Risiko Konstruksi Pada Kontraktor Bumn Dan Swasta”. Jurnal Teknik Sipil. Vol. 1, 12-37.

Presiden Republik Indonesia. (1970). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Ruhyandi & Evi, C. (2008). “Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada Karyawan Bagian Press Shop di PT. Almasindo Bandung Barat”. Jurnal K. Vol 38, 29-44.

Saputri, A. K. D., Paskarini, I. (2014). “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Penggunaan APD pada Pekerja Kerangka Bangunan (Proyek Hotel Mercure Grand Mirama Extension di PT.Jagat Konstruksi Abdipersada)”. Journal of Occupational Safety Health and Environment. Vol. 1, 120-131.

Sastrohadiwiryo, Siswanto B., (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional, PT Bumi Aksara, Jakarta

Safety Net Asia. (2020). “Cara Memakai Alat Safety Keselamatan Kerja yang Benar”. Safety Net Asia.com. http://safetynet.asia/cara-memakai-alat-safety-keselamatan-kerja-yang-benar. Accessed 26 Feb. 2021.

Training P3K. (2019). “Cara Menggunakan dan Fungsi Helm Safety”.

www.trainingp3k.com/cara-menggunakan-dan-fungsi-helm safety. Accessed 26 Feb. 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :