ANALISIS JADWAL PEKERJAAN PADA PROYEK KONSTRUKSI DENGAN METODE EARNED SCHEDULE

Reynold Rusman Paillin, Farin Davianna Layadi, Sentosa - Limanto

Abstract


Proyek konstruksi merupakan kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu seperti bangunan atau konstruksi dalam batasan waktu, biaya dan mutu. Di dalam proyek konstruksi biasanya memiliki jadwal pelaksanaan proyek. Untuk dalam pelaksanaan proyek diharapkan agar terselesaikan dengan tepat waktu, akan tetapi dalam kenyataanya masih banyak proyek yang terlambat atau tidak sesuai dengan jadwal pelaksanaan proyek yang telah dibuat. Oleh karena itu seringkali banyak dijumpai proyek konstruksi terlambat dalam penyelesaian pembangunannya. Terjadinya keterlambatan dalam suatu proyek konstruksi tersebut bisa dianalisa menggunakan Metode Earned Schedule. Sehingga dengan adanya Metode Earned Schedule dapat digunakan untuk memprediksi proyek agar proyek tidak mengalami keterlambatan pembangunan. Metode Earned Schedule merupakan metode yang menggunakan indikator waktu. Menurut Vanhoucke dan Vandevoorde pada tahun 2007, Metode Earned Schedule juga merupakan metode yang lebih unggul dibandingkan dengan metode lainnya yang digunakan untuk memprediksi waktu penyelesaian proyek dan mengevaluasi performa waktu proyek. Dengan menggunakan Metode Earned Schedule, untuk proyek yang terlambat akan mendapatkan early warning sehingga dapat dilakukan recovery

Keywords


proyek terlambat, metode earned schedule, early warning, recovery

Full Text:

PDF

References


Lipke, W., Zwikael, O., Henderson, K., dan Anbari, F. (2009). “Prediction of Project Outcome: The Application of Statistical Method to Earned Value Management and Earned Schedule Performance Indexes.” International Journal of Project Management, 27(4), 400-407.

Lipke, W. (2014). “Introduction to Earned Schedule.” PM World Journal, 3(11).

Proboyo, B. (1999). “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-Penyebabnya.” Civil Engineering Dimension, 1, 49-50.

Vanhoucke, M., Vandevoorde, S. (2007). “A Simulation and Evaluation of Earned Value Metrics to Forecast the Project Duration.” Journal of the Operational Research Society, 58(10), 1361-1374.

Vanhoucke, M., Andrade, P., Salvaterra, F., dan Batselier, J. (2015). “Introduction to Earned Duration.” The Measurable News, (2), 15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :