SURVEI TENTANG PENTINGNYA 21 OUTCOMES BERDASARKAN ASCE: CIVIL ENGINEERING BODY OF KNOWLEDGE 2019 TERHADAP BEBERAPA SARJANA DAN PASCASARJANA DI SURABAYA DAN SEKITARNYA

Rafael - Keavy, Kendrick Richard C, Paul - Nugraha

Abstract


Outcomes berdasarkan ASCE CEBOK3 adalah pengetahuan yang diharapkan dimiliki oleh seorang sarjana teknik sipil dan terdiri dari 21 outcomes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peringkat kepentingan 21 outcomes berdasarkan ASCE CEBOK3 serta mengetahui persentase kesesuaian kurikulum beberapa program studi teknik sipil yang terakreditasi A di Surabaya dan sekitarnya dengan materi outcomes ASCE CEBOK3. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei terhadap beberapa sarjana dan pascasarjana yang bekerja dibidang teknik sipil di Surabaya dan sekitarnya. Berdasarkan hasil data 64 responden, lima peringkat outcomes yang terpenting adalah Ilmu Material, Tanggung Jawab Etis, Tanggung Jawab Profesional, Kerjasama dan Kepemimpinan, dan Manajemen Proyek. Sedangkan kurikulum program studi teknik sipil yang terakreditasi A di Surabaya dan sekitarnya sebagian besar sudah sesuai dengan outcomes CEBOK3.

Keywords


outcomes, CEBOK3, kepentingan, sarjana, pascasarjana, kurikulum, peringkat

Full Text:

PDF

References


ASCE. (2020). About ASCE, (Januari 18, 2021).

American Society of Civil Engineers. (2019). Civil Engineering Body of Knowledge : Preparing The Future Civil Engineer, American Society of Civil Engineers, Virginia, United States of America.

Worldometer. (2021). Countries In The World By Population (2021), (Januari 7, 2021).

Nurwardani, P., Tutupoho, R. R., Mulyono, E., and Nugroho, S. W. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :