PENYIAPAN PERHITUNGAN KUANTITAS PEKERJAAN STRUKTUR BETON BERTULANG

Vincent - Sanjaya, Jonathan - Wangsawijaya, Budiman - Proboyo, Indriani - Santoso

Abstract


Dalam proyek konstruksi, estimasi kuantitas memiliki peranan yang sangat penting karena estimasi kuantitas digunakan untuk menghitung kuantitas pekerjaan dalam pembangunan suatu proyek. Perhitungan kuantitas yang akurat dan tepat didapat dengan cara perhitungan yang baik dan benar. Oleh karena itu, dalam menghitung estimasi kuantitas pekerjaan, diperlukan pedoman untuk menghitung kuantitas pekerjaan agar tidak terjadi kesalahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Studi Literatur dan Penerapan, dimana dalam Studi Literatur mempelajari Studi Literatur mengenai Perhitungan Kuantitas Pekerjaan Struktur Beton Bertulang dan Measurement Sheet. Dalam jenis penelitian Penerapan, dilakukan penerapan perhitungan kuantitas pekerjaan dengan bantuan program. Program yang digunakan untuk menghitung kuantitas pekerjaan struktur beton bertulang menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Excel 365. Program ini terdiri dari 3 bagian, yaitu gambar, form, dan bill of quantities. Penelitian ini meliputi pekerjaan struktur beton bertulang, khususnya pekerjaan pengecoran, bekisting, dan pembesian. Elemen struktur yang dibahas adalah struktur kolom, balok, dan pelat. Hasil penelitian ini dilakukan terhadap Program Perhitungan Kuantitas Pekerjaan Struktur Beton Bertulang untuk menghitung total kuantitas pekerjaan yang diinginkan

Keywords


kuantitas, pekerjaan struktur beton bertulang, microsoft excel

Full Text:

PDF

References


Armeyn, H. (1999). Struktur Beton, Universitas Semarang, Jakarta, Indonesia.

Badan Standarisasi Nasional. (2017). SNI 2052 :2017 Baja Tulangan Beton, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, Indonesia.

Balai Pelatihan Konstruksi dan Peralatan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi. (2016). “Materi Praktis Pekerja Konstruksi Pekerjaan Besi Beton.” Pekerjaan Besi Beton. Kementerian PUPR, Jakarta, Indonesia.

Berger, S., & Godel, J. B. (1977). Estimating and Project Management for Small Construction Firm, Van Nostrand Reinhold Company, Inggris.

Clark, A. V., Wheeler, R. J. (1992). Building Quantities: worked examples, Butterworth-Heinemann, Britania Raya.

Dagostino, F. R., Feigenbaum, L. (2003). Estimating in Building Construction, Prentice Hall, Amerika.

Hansen, S. (2017). Quantity Surveying: Pengantar Manajemen Biaya dan Kontrak Konstruksi. Gramedia Pustaka Utama, Indonesia.

Hardie, G. M. (1987). Construction Estimating Techniques, Prentice Hall, Inggris.

Peurifoy, R. L. (1975). Estimating Construction Costs, McGraw-Hill, Amerika.

Utama, W. P., Peli, M., & Jumas, D. Y. (2008). “Standardisasi Pengukuran Kuantitas Pekerjaan Konstruksi di Indonesia: Suatu Gagasan”. Prosiding PPIS Bandung, Bandung, Indonesia, 29 Juli.

Venter, M. (2019). Quantity Survey Takeoff Pad / Measurements Notebook.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :