STUDI AWAL PADA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PEKERJAAN KONSTRUKSI PADA BANGUNAN DI SURABAYA DAN SAMARINDA

David - Trisno, Emmanuel Wendy Secio, Sentosa - Limanto

Abstract


Pekerjaan dinding dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor yang mempengaruhi yaitu eksternal maupun internal. Faktor-faktor tersebut berpengaruh pada produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi produktivitas pada bangunan di Surabaya dan Samarinda. Metode yang digunakan yaitu perhitungan produktivitas perbadingan antara input per output dan kuantitas pekerjaan per durasi kali jumlah pekerja. Perhitungan tersebut menunjukkan pengaruh faktor yang mempengaruhi pada pekerjaan dinding

Keywords


pekerjaan dinding, produktivitas, faktor yang mempengaruhi produktivitas

Full Text:

PDF

References


Abdurrohmansyah. (2015). Studi Kuat Tekan Batu Bata menggunakan Bahan Fly Ash berdasarkan SNI.

Jurnal Ilmiah. Universitas Lampung.

Cornelia, B, (2003). Analisa Produktivitas Tenaga Kerja dalam Kaitannya terhadap Waktu dan Pelaksanaan Proyek Konstruksi. Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar.

Frederika, A., Widhiawati, I.A., (2017). Analisis Produktivitas Metode Pelaksanaan Pengecoran Beton Ready Mix pada Balok dan Pelat Lantai Gedung. Jurnal Spektran, Vol 5, No. 1.

Hutasoit, J. P., & Sibi, et al. (2017). Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi pada Pekerjaan Pasangan Lantai Keramik dan Plesteran Dinding Menggunakan Metode Work Sampling. Jurnal Sipil Statik, 5(4), 205–214.

Sahid, M. N., dan Ashar, I., (2010). Analisa Perbandingan Waktu dan Biaya Antara Metode Konvensional dan Shotcrete pada Plesteran Dinding Bata. (Tidak Diterbitkan). Civil Engineering Department Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suhendi, S., Iskandar, Aditya, R., William, Z., Lesmana, C. (2016). Studi Eksperimental Perilaku Lateral Campuran Mortal Dinding Cor ditempat dengan Metode Bekisting Bergerak. Jurnal Teknik Sipil, Volume 12, Nomor 1.

Yasin, Nurani. (2019). Kekuatan dan Kebutuhan Perancah Bingkai/ Frame Scaffold pada Konstruksi Gedung. Jurnal Ilmiah Desain dan Konstruksi Vol. 18, No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :