STUDI EFEKTIVITAS PARIT DALAM MENGURANGI GETARAN
Keywords:
arsitektur simbolik, Kampung Arab Pekojan, pendalaman sekuens, taman edukasi islami, toleransiAbstract
Beban berjalan yang berasal dari kendaraan bermotor dapat mengakibatkan timbulnya getaran pada bangunan di sekitarnya. Gangguan tersebut semakin parah dengan adanya peningkatan jumlah kendaraan bermotor setiap tahunnya. Beberapa metode telah dilaksanakan untuk mengurangi rambatan getaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembuatan hambatan berupa parit kosong (open trench) untuk memotong rambatan getaran. Lokasi penelitian dilakukan pada daerah pertambangan batu di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Jenis tanah termasuk dalam klasifikasi tanah lempung dan lanau berpasir. Tujuan penelitian untuk mengetahui kedalaman efektif parit dalam mengurangi getaran. Jarak dari sumber getaran ke titik yang ditinjau sebesar 10 m, 12 m, 14 m dengan variasi kedalaman parit 0 m, 0.8 m, 1.3 m, 1.9 m, 2.6 m dan 2.9 m. Rambatan gelombang direkam menggunakan Seismograph OYO McSeis-SX 3 channel dan geophone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedalaman parit sebesar 0.8 m - 1.3 m sudah efektif dalam mengurangi getaran karena telah berhasil menurunkan energi dan daya gelombang masing-masing sebesar 71% dan 83% dibandingkan dengan keadaan sebelum ada paritReferences
Adam, M. A. (2002). Reduction of Train Induced Building Vibrations Using Open and In-filled Trench Barriers. Proceedings of the 4th ICCAE Conf.
Crede, C., & Ruzicka, J. (1996). Theory of Vibration Isolation. Shock and Vibration Handbook, 1–43.
http://cursos.itcg.edu.mx/libros/Libros y Manuales de Ingenieria/Engineering
Books/Harris__Shock_And_Vibration_Handbook/HARRIS~1.-HA/70811_30.pdf
Dijckmans, A., Ekblad, A., Smekal, A., Degrande, G., & Lombaert, G. (2013). A Sheet Piling Wall as a Wave Barrier for Train Induced Vibrations. ECCOMAS Thematic Conference - COMPDYN 2013: 4th International Conference on Computational Methods in Structural Dynamics and Earthquake Engineering, Proceedings - An IACM Special Interest Conference, April 2015, 430–446. https://doi.org/10.7712/120113.4534.c1303
Düzgün, O. A. (2015). Efficiency of Trenches on Vibration Isolation Under Time Dependent Loads. Periodica Polytechnica Civil Engineering, 59(2), 133–142. https://doi.org/10.3311/PPci.7655
Jiang, J., Toward, M. G. R., Dijckmans, A., Thompson, D. J., Degrande, G., Lombaert, G., & Ryue, J. (2015). Reducing Railway Induced Ground-Borne Vibration by Using Trenches and Buried Soft Barriers. Notes on Numerical Fluid Mechanics and Multidisciplinary Design, 126(September), 555–562. https://doi.org/10.1007/978-3-662-44832-8_65
Malau, N. D. (2018). Fisika Gelombang. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia.
Massarsch, K. R. (1991). Ground Vibration Isolation Using Gas Cushions.
Mizutani, Y., Makiuchi, K., & Mizukami, M. (2002). Geoform Trench Wall Method for Reducing Ground Vibration. 5th International Conference on Civil Engineering, 1–7.
Setiawan, B. (2008). Pemetaan Tingkat Kekerasan Batuan Menggunakan Metode Seismik Refraksi. http://lib.ui.ac.id/detail?id=125248
Ulgen, D., & Toygar, O. (2015). Screening Effectiveness of Open and In-Filled Wave Barriers: A Full-Scale Experimental Study. Construction and Building Materials, 86, 12–20. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2015.03.098
Woods, R. (1968). Screening of Surface Wave in Soils. In Journal of the Soil Mechanics and Foundations Division (Vol. 94, Issue 4, pp. 951–979).
Yang, W., Yuan, R., & Wang, J. (2018). Vibration Induced by Subway Trains: Open-Trench Mitigation Analysis in the Time and Frequency Domains. Shock and Vibration, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/1879392