PENGARUH VARIASI MASA CURING PADA KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL EMULSI DINGIN DENGAN PENAMBAHAN SEMEN

Martien Stivanus Purnomo(1*), Eric - Chandra(2), Paravita Sri Wulandari(3), Harry - Patmadjaja(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED) memiliki banyak keuntungan tetapi masih jarang dijumpai di Indonesia. Hal ini mengakibatkan sedikitnya penelitian mengenai aspal emulsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik CAED dengan variasi masa curing. Pengujian awal dilakukan dengan pemeriksaan terhadap material yang akan digunakan sebagai benda uji. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah material tersebut telah memenuhi spesifikasi Campuran Aspal Bergradasi Rapat (CEBR) Tipe IV sebagai bahan campuran dalam pembuatan benda uji. Pengujian Marshall dilakukan pada benda uji Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED) dengan bahan aditif semen pada umur 1, 3 dan 7 hari. Pada penelitian ini benda uji terlihat mengalami penambahan stabilitas yang signifikan pada umur 1 ke 3 hari.

Keywords


curing, campuran aspal emulsi dingin, karakteristik CAED, stabilitas.

Full Text:

PDF

References


Muliawan, I.W. (2011). Analisis Karakteristik dan Peningkatan Stabilitas Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED). Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Spesifikasi Khusus Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED). (1991). Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, Indonesia.

Thanaya, I.N.A. (2007). Evaluating and Improving The Performance of Cold Asphalt Emulsion Mixes. Journal of Civil Engineering Science and Application. Civil Engineering Dimension. Vol. 9, No. 1, Petra Christian University, ISSN 1410-9530, Surabaya, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :