ANALISIS OPERASIONAL PEMANCANGAN JACK-IN PILE DENGAN MODEL SIMULASI CYCLONE

Yosua - -(1*), Julian - -(2), Ratna Setiawardani Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam proyek konstruksi terdapat banyak kegiatan repetitif dimana semua kegiatan akan berhubungan satu sama lain. Seiring dengan berkembangnya teknologi, konsep CYCLONE (CYCLic Operation NEtwork) merupakan teknologi yang digunakan untuk membantu efisiensi kegiatan yang repetitif, dengan mengetahui produktivitas operasional dan idle time sumber daya proyek.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model operasional pemancangan jack-in pile agar kontraktor pancang dapat mengetahui kegiatan yang dapat diefisiensikan untuk mendapatkan efisiensi yang lebih baik dalam operasional pemancangan jack-in pile. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi lapangan pada proyek pemancangan pondasi bangunan industri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek pemancangan pondasi pabrik yang ditinjau akan memerlukan waktu setidaknya 18 hari yang telah di teliti dengan menggunakan CYCLONE, yang memiliki produktivitas untuk satu section 0,829 m/menit dan dua section rata-rata 0,746 m/menit. Pemancangan satu section memiliki idle time pada operator jack-in 20,50%, operator crane 26,77% dan worker 85,76%, sedangkan pemancangan dua section memiliki idle time rata-rata pada operator jack-in 11,90%, operator crane 29,02% dan worker 83,21%. Hasil dari penelitian dibuat model yang mengurangi satu worker agar dapat mengurangi idle time pada worker.

Keywords


CYCLONE, operasional, produktivitas, idle time, dan jack-in pile.

Full Text:

PDF

References


Halpin, D.W. and Riggs, L.S. (1992). Planning and Analysis of Construction Operations. Canada

Limanto,S. (2009). Analisis Produktivitas Pemancangan Tiang Pancang pada Bangunan Tinggi Apartemen. Seminar Nasional 2009 – Jurusan Teknik Sipil, FT-UKM, 15 Agustus 2009.

Nunnaly, S. W. (1998). Construction Methods and Management (4th edition). New Jersey: Simon & Schuster/A Viacom Company.

Pilcher, Roy (1992). Principles of Construction Management 3rd. England: McGrawHill Book Company Europe

Wignjosoebroto, Sritomo (1996). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Guna Widya, Surabaya.

Jawat, I Wayan. (2016). Metode Pelaksanaan Pekerjaan Tiang Pancang Sistem Hydraulic Jackin (Studi: Proyek KCU BCA Sunset Road Bali). PADURAKSA, Volume 5 Nomor 1, Juni 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :