ANALISA BIAYA PADA PROYEK RUMAH TINGGAL DUA LANTAI DI SURABAYA BARAT

Suandy - Tanrifaisal(1*), Matasik, Y.D.S. - -(2), Sentosa - Limanto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Biaya menjadi faktor utama berlangsungnya kegiatan proyek, dimana kontraktor menghitung biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek. Dalam perencanaan biaya suatu proyek dibutuhkan analisa yang cermat dan teliti. Hal ini didasarkan karena biaya merupakan faktor utama berlangsungnya sebuah proyek.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa biaya pada proyek rumah tinggal dua lantai yang berpedoman dari AHSP 2013. Analisa biaya yang telah dihitung dibandingkan dengan analisa perhitungan dari kontraktor. Hal pertama yang dilakukan adalah menganalisa harga satuan pekerjaan berdasarkan AHSP 2013, selanjutnya menganalisa harga satuan pekerjaan pada kontraktor untuk proyek A dan proyek B. Setelah mendapatkan harga satuan pekerjaan, harga dimasukkan kedalam bill of quantity untuk mendapatkan biaya total dari masing-masing pekerjaan. Kemudian biaya perhitungan AHSP 2013 dibandingkan dengan biaya dari kontraktor pada proyek A, dan perhitungan AHSP 2013 dibandingkan dengan biaya dari kontraktor pada proyek B, hasil dari masing-masing perbandingan tersebut dibandingkan untuk mendapatkan persentase perbedaan biaya tiap pekerjaan. Terakhir yaitu persentase yang didapatkan dari proyek A dan proyek B di rata-ratakan untuk mendapatkan persentase hasil akhir pada tiap pekerjaan sehingga mendapatkan hasil biaya perhitungan kontraktor lebih murah dibandingkan biaya yang dihitung dengan AHSP 2013.

Keywords


biaya, rumah tinggal, AHSP 2013

Full Text:

PDF

References


Arbana, Ilham., Pandia, I.J. (2014). Analisa Rencana Anggaran Biaya terhadap Pelaksanaan Pekerjaan Perumahan dengan Melakukan Perbandingan Perhitungan Harga Satuan Bahan Berdasarkan Survey Lapangan .

Astana, I.N.Yudha. (2017). Estimasi Biaya Konstruksi Gedung dengan Cost Significant Model.

Callister, Jr. William D. (2009). Materials Science And Engineering an Introduction, (8th), John Wiley & Sons, Inc, Hoboken: New Jersey.

Dipohusodo, Istimawan. (1995). Manajemen Proyek dan Konstruksi jilid 2. Kanisius: Yogyakarta.

Jefferson, A., Setiawan, T. Johan., Limanto, S. (2019). Analisa Biaya Proyek Rumah Tinggal Dua Lantai di Surabaya Timur.

Undang-Undang Tentang Pemukiman dan Perumahan. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :