SURVEY TERHADAP KEPUTUSAN KONTRAKTOR DI SURABAYA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PROYEK

Lukman Dharma Holis(1*), Yonathan - Wijaya(2), Paulus - Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam kegiatan siklus hidup suatu proyek yang dimulai dengan proses inisiasi, studi kelayakan, perencanaan desain engineering, pengadaan dan implementasinya tidak akan sukses jika faktor produktivitas sumber daya yang digunakan tidak optimal dengan baik. Dalam siklus hidup suatu proyek kinerja produktivitas sangat ditentukan pada tahap pelaksanaannya (Konstruksi). Hal yang menjadi suatu permasalahan yang umumnya timbul dalam suatu pelaksanaan konstruksi yaitu minimnya kinerja produktivitas yang dihasilkan dari sumber daya yang digunakan.. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keputusan yang berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas proyek konstruksi serta mengetahui perbedaan pengambilan keputusan di tiap jenis kontraktor. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melakukan survey, dengan membagikan kuesioner kepada beberapa kontraktor di Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisa rata-rata, dan Kruskal Wallis. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor-faktor komunikasi antar pihak, melakukan pengawasan lapangan, penjadwalan proyek, keterlambatan pengiriman material dari supplier, melakukan pengendalian biaya merupakan faktor-faktor yang paling berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas. Dalam penelitian ini tidak terdapat perbedaan pendapat keputusan tiap jenis kontraktor.

Keywords


produktivitas, keputusan kontraktor, kontruksi, Surabaya

Full Text:

PDF

References


Arditi, D. & Mochtar, K. (1999). Productivity Improvement in The U.S. Construction Industry. Journal Construction and Economics Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Illinois, Chicago, IL, USA.

Aprilian, T. (2010). Analisis Produktivitas Tenaga Kerja pada Pekerjaan Struktur Rangka Atap Baja [skripsi]. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Aziz, R. F., Hafez, S. M. (2013). Applying Lean Thinking in Construction and Performance Improvement. Alexandria Engineering Journal, 52(4), p.679-695.

Hanna, A. S., Camlic, R., Peterson, P. A., & Nordheim, E. V. (2002). Quantitative Definition of Projects

Impacted by Change Orders. Journal of Construction Engineering and Management, 128(1), 57–64.

Junaidi, (2015). Statistik Uji Kruskal-Wallis. Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Jambi

Jenkins, J. & Orth, D. (2003). Productivity Improvement through Work Sampling. AACE International Transactions of the Annual Meeting. CSC.5.1-CSC.05.7.

Kuswanto, Dedy. 2012. Statistik untuk Pemula dan Orang Awam. Laskar Aksara: Jakarta.

Shinde V. J.1, Hedaoo M. N., “A Review on Productivity Improvement in Construction Industry”, International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), Volume: 04 Issue: 11, Nov. 2017

Siregar, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Prenadamedia Group: Jakarta.

Wahyuni, Noor. (2014). Uji Validitas dan Realibilitas. https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/ (diakses tanggal 23 November 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :