KARAKTERISTIK TRIP CHAINS PENGGUNA SUROBOYO BUS

Lukas Chaves Shan Ellron Fernandez(1*), Rudy - Setiawan(2),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah transportasi pada kota-kota besar sering dikaitkan dengan kemacetan. Pelaksanaan transportasi tanpa didukung adanya suatu sistem yang baik dalam perancangannya tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Pemerintah Kota Surabaya memberikan solusi untuk mengurai kemacetan sekaligus mengurangi sampah plastik. Dengan menghadirkan Suroboyo Bus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik trip chains pengguna Suroboyo Bus, yang berguna dalam pengambilan kebijakan perencanaan transportasi di Surabaya.
Data diperoleh melalui pengisian kuisioner oleh 198 orang pengguna Suroboyo Bus (pelajar, mahasiswa, PNS, TNI/Polri, pegawai swasta, dan lain-lain). Dari hasil analisis ini didapat dua jenis trip chains, yakni untuk perjalanan berangkat dan pulang simple trip chains (32%) dan complex trip chains (68%). Karakteristik trip chains dari pengguna Suroboyo Bus adalah biaya perjalanan, lama transit, dan moda transportasi. Trip chains untuk perjalanan berangkat berbeda hasilnya dengan perjalanan pulang.

Keywords


trip chains, pengguna suroboyo bus

Full Text:

PDF

References


Muchlis, I. (2015). Pengaruh Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Batik Danar Hadi Surakarta. Retrieved From: Http://Eprints.Ums.Ac.Id/38670/11/Bab%203.Pdf.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2018). Banyaknya Penduduk menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Kota Surabaya Hasil Sensus Penduduk 2010. Retrieved From: https://surabayakota.bps.go.id/dynamictable/2018/04/17/11/banyaknya-penduduk-menurut-jenis-kelamin-dan-kelompok-umur-kota-surabaya-hasil-sensus-penduduk-2010.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :