PERBANDINGAN KINERJA STRUKTUR BAJA RANGKA TERBREIS KONSENTRIS KHUSUS SISTEM TUNGGAL DAN GANDA TIPE MULTI-STORY X DAN SINGLE DIAGONAL PADA BANGUNAN 12 DAN 18 LANTAI

Kevin Sulaiman Thiosalim(1*), Joshua Antonio Adiputro(2), Effendy - Tanojo(3), Hasan - Santoso(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Gempa bumi merupakan bencana alam yang sangat berbahaya yang sering terjadi di Indonesia. Ada banyak dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari gempa yaitu korban jiwa dan kerugian akibat kerusakan bangunan, sehingga bangunan wajib didesain bangunan tahan gempa. Penelitian ini mengevaluasi kinerja struktur baja rangka bangunan RTKK (Rangka Terbreis Konsentris Khusus) dengan 2 sistem yaitu sistem tunggal dan ganda. Pada sistem tunggal menggunakan RTKK sedangkan pada sistem ganda menggunakan RTKK dan Rangka Momen Khusus (RMK). Kedua sistem akan dibandingkan kinerjanya dengan menggunakan Non-linear Time History Analysis. Penelitian ini menggunakan 2 tipe breising, multistory-x dan single diagonal. Bangunan yang ditinjau adalah bangunan 12 lantai (48 meter) dan 18 lantai (72 meter) dengan 5 bentang. Metode yang digunakan adalah Direct Analysis Method (DAM). Pada penelitian ini, performa bangunan ditinjau berdasarkan berat struktur, nilai drift ratio dan displacement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bangunan 12 lantai, berat struktur pada bangunan MX tunggal lebih baik daripada SD tunggal dan SD ganda lebih baik daripada MX ganda dengan nilai drift ratio yang tidak berbeda jauh. Pada bangunan 18 lantai, sistem tunggal MX menunjukan performa yang lebih baik daripada SD. Sedangkan pada sistem ganda, SD menunjukan performa yang lebih baik bila ditinjau berdasarkan berat struktur dengan nilai drift ratio yang tidak jauh berbeda.

Keywords


struktur baja, rangka terbreis konsentris khusus, analisis riwayat waktu, DAM

Full Text:

PDF

References


American Institute of Steel Construction. (2016). Specification Provisions for Structural Steel Buildings: ANSI/AISC 341-16. Chicago, USA.

American Institute of Steel Construction. (2010). Specification for Structural Steel Buildings: ANSI/AISC 360-10. Chicago, USA.

Badan Standardisasi Nasional. (2012). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung: SNI 1726:2012. Jakarta, Indonesia.

Pranoto, V.W., Muktiwibowo, S.A. (2018). Kinerja Sistem Tunggal Struktur Baja Rangka Terbreis Konsentris Khusus Berbentuk V Terbalik pada Mid Rise Building. (TA No. 11012237/SIP/2018). Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Renaldi, C., Setiawan, S. (2019). Perbandingan Kinerja Struktur Baja Rangka Terbreis Konsentris Khusus Berbentuk Multistory X dan Zipper V Terbalik pada Bangunan 12 dan 18 Lantai. (TA No. 11012327/SIP/2019). Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Saputra, I.D., Tjandra, L.A. (2018). Perbandingan Sistem Tunggal dan Sistem Ganda Struktur Baja Rangka Terbreis Konsentris Khusus Berbentuk V Terbalik dengan Direct Analysis Method. (TA No. 11012208/SIP/2018). Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :