PERFORMA DAN EFISIENSI BEBERAPA METODE PENEMPATAN VSL GENSUI DAMPER DALAM MENGURANGI INTERSTORY DRIFT DAN MEMPERBAIKI KERUSAKAN SENDI PLASTIS

Jessica Chandra Sutanto(1*), Natasha Angelia -(2), Pamuda - Pudjisuryadi(3), Benjamin - Lumantarna(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkuatan struktur perlu dilakukan pada bangunan yang masih defisien desainnya. Salah satu jenis perkuatan yang dapat diberikan adalah dengan menggunakan damper. Penempatan damper secara seragam tidak selalu optimal. Oleh karena itu, diperlukan metode penempatan untuk efisiensi pengurangan interstory drift dan jumlah damper. Pada penelitian ini, dibandingkan performa dan efisiensi beberapa metode penempatan damper antara lain: Uniform, Simplified Sequential Search Algorithm-Modified (SSSAmod), Optimum Damper Allocation Method (ODAM), Fully Stressed Analysis/Redesign Procedure (Lavan A/R), dan Proposed Method (PM) pada bangunan uji. Dalam penelitian ini, digunakan salah satu wall-type damper, yaitu VSL Gensui Damper. Perbandingan akan dilihat dari dua indikator penelitian, yaitu interstory drift dan kerusakan sendi plastis. Selain itu, indikator penempatan damper menggunakan interstory drift maupun normalized interstory drift, tergantung pada metode yang digunakan. Dalam menganalisis bangunan uji, digunakan analisis riwayat waktu integrasi langsung nonlinear dengan beban gempa periode ulang 2500 tahun yang disesuaikan dengan respons sprektrum Kota Surabaya. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa metode yang menggunakan indikator penempatan interstory drift mayoritas memperbaiki simpangan pada lantai dengan tingkat lunak, sedangkan metode dengan indikator penempatan yang ternormalisasi lebih dapat memperbaiki interstory drift secara menyeluruh. Dari kelima metode penempatan damper, tidak ada satupun yang unggul dalam memperbaiki kerusakan sendi plastis.

Keywords


metode penempatan damper, simplified sequential search algorithm-modified, optimum damper allocation method, fully stressed analysis/redesign procedure, riwayat waktu integrasi langsung nonlinier, VSL Gensui damper

Full Text:

PDF

References


ACMC. (2001). Asian Concrete Model Code Level 1&2 Documents. Tokyo: Author.

Angkasaputra, K., & Sebastiano, F. (2018). Perbandingan Pengaruh Metode Penempatan Damper Terhadap Kinerja Seismik Struktur. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Badan Standardisasi Nasional. (2002). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung dan Non Gedung, SNI 03-1726-2002. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Garcia, D. L. (2001). “A Simple Method for the Design of Optimal Damper Configurations in MDOF Structures.”

Lavan, R., & Levy, O. (2006). “Fully Stressed Design of Passive Controllers in Framed Structures for Seismic Loadings.” 485–486, (Juli 17,2019)

Leu, L. J., & Chang, J. T. (2011). “Optimal Allocation of Non-Linear Viscous Dampers for Three-Dimensional Building Structures.” Procedia Engineering, 14, 2489–2497, (Juli 17,2019)

Pasau, G., & Tanauma, A. (2011). “Pemodelan Sumber Gempa di Wilayah Sulawesi Utara Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Gempa Bumi.” Jurnal Ilmiah Sains, 202–209.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :