PENGARUH PENGGUNAAN POLYPROPYLENE FIBRE TERHADAP KARAKTERISTIK SELF COMPACTING CONCRETE

Christie Lioni Lussy(1*), Handoko Sugiarto(2),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemadatan atau vibrasi beton merupakan salah satu pekerjaan paling penting dalam konstruksi karena pemadatan beton yang bertujuan untuk meminimalkan atau mencegah udara terjebak dalam beton. Pemadatan yang dilakukan dengan vibrator sulit menjangkau daerah padat tulangan sehingga metode Self Compacting Concrete dikembangkan. SCC memerlukan fly ash sebagai filler dan admixture berupa superplasticizer agar memenuhi syarat flowability. Kekurangan lainnya dari beton adalah kuat tarik beton yang rendah sehingga dalam penelitian ini digunakan polypropylene fibre untuk meningkatkan kuat tarik beton.
Penelitian ini menggunakan polypropylene fibre sebesar 0.06%, 0.08%, 0.10%, 0.16% dan 0.20% terhadap volume beton. Pengujian yang dilakukan berupa filling ability (cone slump test) dan passing ability (L-Shaped Box test) pada beton segar. Pengujian pada beton keras berupa uji kuat tekan dan kuat tarik pada umur 7, 14 dan 28 hari. Hasil pengujian menunjukan bahwa beton dengan fibre tidak meningkatkan kuat tekan beton. Sedangkan kuat tarik beton paling tinggi dihasilkan oleh beton dengan fibre 0.08%.


Keywords


Self Compacting Concrete, Polypropylene Fibre, flowability, kuat tekan, kuat tarik

Full Text:

PDF

References


Efnarc Association House. (2002). Specification and Guidelines for Self Compacting Concrete.

Liu, X., Wu, T., Yang, X. et al. (2019). Properties of Self-Compacting Lightweight Concrete Reinforced with Steel and Polypropylene Fibers. Construction and Building Materials 226 (2019) 388-398.

Okamura, H., & Ouchi, M. (2003). Self-Compacting Concrete. Advanced Concrete Technology, 1(1), 5–15.

Sugiharto, H., Kusuma, G. H., Himawan, A., & Darma, D. S. (2001). Penggunaan Fly Ash dan Vistocrete pada Self Compacting Concrete. Civil Engineering Dimension, 3(1), 30–35.

Yoseano, J., Kafrawi, C. (2006). Penelitian mengenai Pengaruh Polypropylene Fibre pada Self Compacting Concrete terhadap Kuat Tekan dan Kuat Tarik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :