PENGARUH PENAMBAHAN SILICA FUME DAN POLYPROPYLENE FIBER TERHADAP PERMEABILITAS DAN KUAT TEKAN BETON

Alexander Hermawan Sutanto(1*), Benedictus Wishnu Wintang Kencana(2), Handoko Sugiharto(3), Jonathan Hendra Kusuma(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi masa layan dan durabilitas beton adalah faktor permeabilitas. Beberapa solusi yang ditawarkan agar beton menjadi kedap air adalah dengan cara menambahkan material yang sangat halus maupun memiliki sifat pozzolan serta penambahan chemical admixtures pada mix design. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan beton agar memiliki nilai permeabilitas serta nilai kuat tekan yang baik secara bersamaan, sehingga beton diharapkan mempunyai sifat kedap air yang sesuai tanpa mengurangi nilai kuat tekannya. Dalam penelitian ini akan menambahkan bahan superplasticizer, silica fume, dan polypropylene fiber untuk melihat pengaruhnya terhadap permeabilitas dan kuat tekan beton.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan penambahan silica fume mengalami penurunan kuat tekan sebesar 5.5% pada 7 hari dan 7.5% pada 28 hari. Hal ini diperkirakan reaksi pozzolan antara semen dan silica fume berjalan lambat. Pengaruh penambahan polypropylene fiber menunjukkan penurunan permeabilitas hingga 44.5%.


Keywords


permeabilitas, kedap air, kuat tekan, silica fume, polypropylene fiber

Full Text:

PDF

References


Adianto, Y. L. D. & Joewono, T. B. (2006). Penelitian Pendahuluan Hubungan Penambahan Serat Polymeric Terhadap Karakteristik Beton Normal, 8(1), 34-40. Civil Engineering Dimension.

ASTM International. (1995). ASTM:C1240. Standard Specification for Silica Fume Used in Cementitious Mixtures. West Conshohocken, PA: Author.

Aulia, M. D. (2012). Studi Eksperimental Permeabilitas dan Kuat Tekan Beton K-450 Menggunakan Zat Adiktif Conplast WP421. Bandung: Universitas Komputer Indonesia

DIN 1048-5. (1991). Testing of Concrete, Testing of Hardened Concrete Specimens Prepared in Mould. German Institute for Standardisation. Hendrawati et al (2018). Study Pembuatan Durable Cement dengan Penambahan Pozzolan Silica Fume. Politeknik Negeri Malang: Malang.

Nugraha, P., & Antoni. (2007). Teknologi Beton. C.V. Andi Offset. Yogyakarta

Yu, Z. & Shen, X. (2018). Relationship Between Water Permeability and Pore Structure of Portland Cement Paste Blended with Fly Ash. Elsevier.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :