SURVEY STATUS RISIKO PADA TAHAP PRA KONTRUKSI DAN KONSTRUKSI DI PROYEK PERUMAHAN

Aldo Fernaldy Gozali(1*), Jonathan Setiawan(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Bidang properti khususnya sektor perumahan cenderung menunjukkan perkembangan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya karena permintaan masyarakat akan rumah tinggal meningkat cukup pesat. Untuk mengelola risiko secara efektif maka perlu melakukan identifikasi risiko yang terdapat pada berbagai sumber literatur yang ada, kemudian risiko yang ada akan dianalisis status risikonya sehingga dapat dikelola dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status risiko mana yang paling tinggi terhadap dampak waktu, dampak biaya, dan dampak kualitas pada tahap pra konstruksi dan konstruksi di proyek perumahan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 60 responden di Surabaya dan Sidoarjo, dimana masing-masing 30 responden terdiri dari kelompok 1 (owner dan konsultan perencana) dan kelompok 2 (konsultan pengawas dan kontraktor) . Kemudian data akan dianalisa dengan uji mean untuk frekuensi kejadian dan dampak risiko serta uji validitas dan realibilitas untuk menguji kelayakan item pertanyaan. Hasil penelitian didapatkan status risiko tertinggi adalah high. Dari ketiga dampak risiko yang tergolong high seperti yang dijelaskan sebelumnya, item risiko “Pembebasan lahan” merupakan yang tertinggi pada tahap pra konstruksi sedangkan pada tahap konstruksi item risiko “Rotasi pekerja yang tinggi”, “Kurangnya jumlah pekerja dilapangan” , dan “Kerusakan material dilapangan” merupakan item risiko yang tertinggi.

Keywords


status risiko, frekuensi kejadian, dampak risiko, pra konstruksi, konstruksi

Full Text:

PDF

References


A guide to the project management body of knowledge (6th ed.) (PMBOK guide). (2017). Newtown Square, PA: Project Management Institute (PMI), Inc.

Committee, Australia/New Zealand Standard (2004). AS/NZS 4360:2004 Risk Management, from www.riskmanagement.com.au/.

Hardistianto & Wiyanto (2019). Survey Status Risiko terhadap Dampak Waktu dan Dampak Biaya pada Tahap Pra Konstruksi dan Konstruksi Proyek Konstruksi. (Skripsi No. 21012345/SIP/2019). Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Koirala, M. P. (2014). Risks in Housing and Real Estate Construction Project. Journal of the Institute of Engineering, 10(1), 34-44.

Lin, L ., & Fei, L (2014). Real Estate Investment Project Risks Analysis. Journal of Chemical and Pharmaceutical Research, 2014, 6(5):1789-1794

Hossen, F. A. (2013). Cost Risk Appraisal: An Application of Project Risk Management Process in Libyan Construction Projects. Journal of Civil Engineering and Architecture, 7(5), 591.

Liu, J., & Guo, F. (2014). Construction Quality Risk Management of Project on the Basis of Rough Set and Neural Network. Computer Modelling & New Technologies, 18(11), 791-797

Rezainan, A. (2011). Time-Cost-Quality-Risks of Construction and Development Projects or Investment. Middle-East Journal of Scientific Research, 10 (2), 218-223

Santoso, R. (2003). Tingkat Kepentingan dan Alokasi Risiko pada Proyek Konstruksi. (Thesis No. 067/MTS/2004). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Tjakra, J., & Sangari, F. (2011). Analisis Resiko pada Proyek Konstruksi Perumahan di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 1(1).

Widjaja, A. (2017). Tingkat Kepentingan Risiko dan Respon Risiko pada Tahap Pelaksanaan Proyek Konstruksi. (Thesis No. 01000242/MTS/2017). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Williams, T.M. (1996), The Two-Dimensionality of Project Risk. International Journal of Project Management, 14(3), 185-186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :