PENGARUH SUDUT CHAMBER RODA DEPAN PADA KEMAMPUAN BELOK MOBIL MODEL DENGAN PENGGERAK RODA DEPAN

Yehezkiel Marianus Litmantoro(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari sudut chamber roda
depan pada kemampuan sudut belok mobil model dengan penggerak roda depan. Mobil
model yang digunakan memiliki konstruksi yang mirip dengan konstruksi mobil asli.
Prosedur yang digunakan dalam pengujian ini dengan cara membuat lintasan dengan
sudut belok 90° yang memiliki radius belok tertentu. Pada kombinasi kecepatan dan sudut
chamber negatif akan diambil pada radius belok minimum berapakan mobil masih
mampu melewati lintasan tanpa keluar dari batas luar maupun batas dalam lintasan.
Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan pada mobil berpenggerak roda depan (FWD)
semakin negatif chamber roda depan maka radius belok minimumnya melebar dan mobil
berpenggerak roda depan lebih susah dikendalikan daripada mobil berpenggerak roda
belakang.


Keywords


Chamber Negatif, Kemampuan Belok, Sudut Belok, Radius Belok Minimum.

Full Text:

PDF

References


Achillesradial. (2012).Fungsi dan struktur

ban. Retrieved April 15, 2013 from

http://www.achillesradial.com.

Birch, W.T. (2000). Automotive suspension

& steering systems. United States: Delmar

Publishers.

Bridgestone. (2013). Pengetahuan ban.

Retrieved April 15,2013 from http://

www.bridgestone.co.id.

Matschinsky, W. (2000). Road vehicle

suspensions. United Kingdom:St

Edmundsbury Press Limited.

Solusimobil. (2012).Camber, Caster dan toe

dalam spooring roda mobil. Retrieved April

,2013 from http://www.solusimobil.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.