PENGARUH VELOCITY STACK INTAKE TERHADAP PERFORMA KENDARAAN

Authors

  • Millian Pieter P
  • Teng sutrisno

Keywords:

surabaya, video dokumenter, pernikahan tradisi tionghoa akulturasi dengan agama kristen, peninggalan tradisi, cina.

Abstract

Dapat dikatakan bahwa kerja motor bakar ditentukan salah satunya oleh rapat masa laju
aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Salah satu upaya untuk meningkatkan performa
mesin adalah dengan, mengubah saluran air intake. Pada saluran air intake diciptakan open air
intake dimana terdapar filter udara model terbuka berbentuk corong yang juga di sebut dengan
Velocity Stack Intake. Velocity stack intake bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraan
dengan menghasilkan aliran udara dengan nilai turbulensi yang rendah. Penelitian dilakukan
dengan melakukan perubahan pada radius inlet velocity stack intake standart 8mm dengan radius
yang lebih besar yaitu, 15mm dan 30mm. Perubahan pada radius inlet bertujuan untuk
menghasilkan koefisien kerugian minor yang rendah dan nilai turbulensi yang rendah.
Dari hasil pengujian daya dan torsi yang dilakukan, daya meningkat sebesar 3.4% dan
kenaikan torsi sebesar 6,6% dari standart. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan velocity stack intake dengan radius inlet yang besar yaitu 30mm menghasilkan nilai
turbulensi yang kecil sehingga menghasilkan peningkatan daya dan torsi pada kendaraan.

References

Blair, Gordon P, Cahoon, W.Melvin. (n.d).

Special investigation : design of an intake

bellmouth. Retrivied march 13, 2016,

fromhttp://www.nsxprime.com/wiki/File:(Blair

_and_Cahoon)_Design_of_an_intake_bellmout

h_Sept._2006.pdf

2. Chassis Dynamometer. (n.d). Retrivied march

23, 2016, from

http://auto.howstuffworks.com/chassisdynamo

meter.htm

3. El-Zahaby, Aly M., Kabeel, A.E., Elsayed, S.S.,

Obiaa, M.F. (2016, August). CFD analysis of

flow field for shrouded wind turbine’s diffuser

model with different flange angels.

Alexandria enginering journal.

4. Hasyid, M., Husain, A., Ahmad., Z. (2015,

October). Discharge characteristic of lateral

circular intake in open channel flow. Flow

Measurement and Instrumentation,

46(2015), 87-92

5. Kristanto P. (2015). Motor Bakar torak (teori

dan aplikasinya ). Surabaya : Andi

6. Otomotifnet.com. (2014). Velocity stack intake

dongkrak power dan torsi. Retrivied May 6,

2016, from

http://otomotifnet.com/Motor/Test/Tes-Velocit

y-Stack

7. Pritchard, Philip j. (2011). Fox annd

McDonald’s Introduction to fluid mechanics.

United sates of america : John wiley & sons inc

8. Sorribes-Palmer, F., Sanz-Andres, A., Ayuso,

L., Sant, R., Franchini, S. (2016, December).

Mixed CFD-1D wind turbines diffuser design

optimization. Renewable energy, 105(2017),

386-399

9. Wikipedia the free encyclopedia. (2016).

Velocity stack intake. Retrivied January 6,

2016, from

https://en.wikipedia.org/wiki/Velocity_stack

Downloads

Published

2017-01-05