PERENCANAAN FRONT BUMPER DAN REAR DIFFUSER UNTUK MEREDUKSI COEFFICIENT OF DRAG

Michael Susanto(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahan bakar minyak yang harganya mengalami peningkatan menjadi permasalahan global dewasa ini. Hal ini juga akan mempengaruhi industri otomotif di dunia. Oleh karena itu, produsen mobil diharapkan bisa menciptakan kendaraan yang memiliki efisiensi tinggi. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki karakteristik aerodinamika pada kendaraan tersebut. Pada percobaan ini akan dilihat bagaimana modifikasi front bumper dan rear diffuser jika ditambahkan pada bodi miniatur Toyota Yaris. Metode penelitian yang dilakukan hanya eksperimen saja melalui pengujian drag dan pola aliran dengan menggunakan wind tunnel dan oil visualization. Pengujian dilakukan dengan beberapa variabel kecepatan antara 17 m/s – 32 m/s dengan Reynolds number antara 2,2 x105 – 4,7 x 105. Hasil dari percobaan menunjukkan bahwa penambahan front bumper dan rear diffuser dapat mengurangi hambatan aliran yang berupa drag sebesar 4% dengan nilai 0,279 dibandingkan dengan kondisi standar yang bernilai 0,287. Salah satu permasalahan pada modifikasi ini adalah biaya yang dikeluarkan cukup besar.

Keywords


Efisiensi, karakteristik aerodinamika, coefficient of drag, front bumper, rear diffuser

Full Text:

PDF

References


“20 Model Mobil Terlaris. “DetikOto. 15 Januari 2013. Dadan Kuswaraharja. 18 September 2013.

“2013, Penjualan Mobil Bisa Tembus 1,2 Juta Unit. “Tempo. 17 Januari 2013. Eko Siswono Toyudho. 18 September 2013.

Sf, Dr. Herminarto., & Gunadi, Sf. (2004). Perancangan Bodi Kendaraan. Yogjakarta: Fakultas Teknik UNY.

“Boundary Layer. “Wikipedia, The Free Encyclopedia. 7 September 2013. Wikipedia Foundation. 18 September 2013.

Katz, Joseph. (1995). Designing For Speed. USA: Bentley Publishers.

“Toyota Yaris. “Wikipedia, The Free Encyclopedia. 6 October 2013. Wikipedia Foundation. 18 September 2013.

“Toyota Vitz. “Wikipedia, The Free Encyclopedia. 20 October 2013. Wikipedia Foundation. 18 September 2013.

“Automobile Drag Coefficient. “Wikipedia, The Free Encyclopedia. 25 November 2013. Wikipedia Foundation. 18 September 2013.

Hucho, Wolf-Heinrich. (1987). Aerodynamics of Road Vehicles. London : Butherworths.

Cengel, Yunus A., & Cimbala, John M. (2006). Fluid Mechanics Fundamentals and Applications. New York: McGraw-Hill.

Pope, Allan, & Harper, John. (1986). Low Speed Wind Tunnel Testing. New York: John Willey & Sons.

Barnard, R.H., (2009). Road Vehicle Aerodynamic Design. U.K: MechAero Publishing.

“Toyota Yaris Hatch. “Imperial Toyota Your Lifestyle Dealer. 14 Januari 2014. Imperial Toyota. 14 Januari 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.