PERANCANGAN DAN FABRIKASI SISTEM PENGAMAN MOTOR MATIC YAMAHA MIO SPORTY DENGAN STANDAR TENGAH HIDROLIK

Ferryando Tanicka(1*), Joni Dewanto(2),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Standar tengah merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan beroda dua. Fungsi utama daris tandar tengah yaitu untuk menopang kendaraan beroda dua dikala berhenti atau pada kondisi kendaraan sedang tdak digunakan. Ada berbagai macam standar yang ada di saat ini antara lain standa rsamping, standar tengah dan standar pedok/paddock. Selain memiliki fungsi utama diatas, penulis mencoba untuk merancang standar tengah hidrolik yang memiliki fungsi tambahan yaitu mengurangi tingkat kriminalitas curanmor (pencurian kendaraan bermotor). Kesimpulan menujukkan bahwa dengan menggunakan standar tengah sistem hidrolik ini menjadi lebih praktis, tidak membutuhkan tenaga lebih, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menonaktfkan standar tengah dengan sistem hidrolik ini sehingga meningkatkan rasa aman bagi pemilik kendaraan Yamaha Mio.

Keywords


Standar tengah, sistem hidrolik

Full Text:

PDF

References


Aaron D. Deutschman, Walter J. Michels dan Charles E. Wilson. (1975). Machine Design Theory and Practice. First Edition. Macmillan Publishing Co., Inc.I. C. Turner. (1996) Engineering Applications of Pneumatics and Hydraulics, London:Arnold

J. E. Johnson. (1996). Hydraulics for Engineering Technology, Englewood Cliffs, NJ:Prentice_Hall.

Majumdar, S. R. (2003) Oil Hydraulic Systems Principles And Maintenance, Second Edition. : McGraw-Hill

Sadler, J. P, Wilson C. E. (2007) Kinematics and Dynamic of Machinery, Third Edition. : McGraw-Hill Publishing.

Shames, Irving. H. (2003) Mechanics Of Fluids, Fourth Edition : McGraw-Hill


Refbacks

  • There are currently no refbacks.