PENGARUH SUDUT CHAMBER RODA DEPAN PADA KEMAMPUAN BELOK MOBIL MODEL DENGAN PENGGERAK EMPAT RODA

Dicky Efendi(1*), Joni Dewanto(2),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari sudut chamber roda depan pada kemampuan sudut belok mobil model dengan penggerak empat roda. Mobil model yang digunakan memiliki konstruksi yang mirip dengan konstruksi mobil asli. Prosedur yang digunakan dalam pengujian ini dengan cara membuat lintasan dengan sudut belok 90° yang memiliki radius belok tertentu. Pada kombinasi laju dan sudut chamber negatif akan diambil pada radius belok minimum berapakah mobil masih mampu melewati lintasan tanpa keluar dari batas luar maupun batas dalam lintasan. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan pada mobil berpenggerak empat roda (4WD) semakin negatif chamber roda depan maka radius belok minimumnya melebar dan mobil berpenggerak empat roda lebih mudah dikendalikan daripada mobil berpenggerak roda belakang.

Keywords


Chamber Negatif, Kemampuan Belok, Sudut Belok, Radius Belok Minimum

Full Text:

PDF

References


Achillesradial. (2012). Fungsi dan struktur ban . Retrieved April 15, 2013 from http://www.achillesradial.com.

Birch, W.T. (2000). Automotive suspension & steering systems . United States: Delmar Publishers.

Bridgestone. (2013). Pengetahuan ban . Retrieved April 15,2013 from http:// www.bridgestone.co.id.

Matschinsky, W. (2000). Road vehicle suspensions . United Kingdom:St Edmundsbury Press Limited.

Solusimobil. (2012). Camber, Caster dan toe dalam spooring roda mobil . Retrieved April 15,2013 from http://www.solusimobil.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.