Pembuatan Game Edukasi Interaktif untuk Mendukung Pemahaman Percentage pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Pentas Seni Wayang Orang THR Surabaya, promosi.Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan menjadi semakin rumit dan sulit sehingga siswa sekolah dasar sering kali sulit memahami dan akhirnya menjadi jenuh dan tidak senang akan pelajaran tersebut. Salah satu mata pelajaran yang sering kali membuat siswa jenuh dan sulit untuk mengerti materi pelajaran tersebut adalah pelajaran Mathematics. Kejenuhan tersebut berasal dari banyaknya rumus-rumus yang sulit untuk dihafalkan, banyaknya soal cerita yang harus dimengerti sebaik-baiknya sebelum menjawab suatu soal. Tujuan dari pembuatan game ini adalah membantu siswa sekolah dasar dalam memahami mata pelajaran Mathematics khususnya pada materi percentage.
Berdasarkan permasalahan itu, game edukasi interaktif dengan background setting supermarket dirancang dan dibuat untuk mata pelajaran Mathematics dengan materi percentage yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Proses pembuatannya menggunakan JavaScript, PHP, HTML5, CSS3, AJAX sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL sebagai database.
Hasil yang diperoleh dari penyebaran kuisioner, secara keseluruhan game edukasi yang telah dibuat ini tergolong dalam kategori baik dengan hasil persentase 100%. Sedangkan untuk desain game supermarket hasil dari kuisioner, 50% berpendapat bahwa desain game tergolong baik dan sisanya berpendapat bahwa desain game tergolong cukup. Untuk tingkat kesulitan soal, dari hasil kuisioner 50% berpendapat bahwa tingkat kesulitan soal tergolong baik dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, sedangkan sisanya berpendapat bahwa tingkat kesulitan soal tergolong cukup dan sesuai dengan kebutuhan.
References
[1] Dillon, T. (2004, Desember). Advanture Game for Learning and Storytelling. Retrieved Februari 17, 2010. http://www.futurelab.org.uk/projects/advanture-author/context
[2] Edward, S. L. (2009). Learning Process and Violent Video Games. Hand Book of Research on Effective Electronic Game in Education. Florida: University of Florida.
[3] Strangman, N., & Hall, T. (2003). Virtual Reality/ Computer Simulations. National Center on Accessing the General Curriculum 2.
[4] Virvou, M. (2005). Combining Software Games with Education: Evaluation of Its Educational Effectivinnes. Journal Educational Technology and Society, 8 (2), 54-65.
[5] Billy & Tracy. Retrieved July 3, 2013 from
www.edu-games.com/index.php?Ref=ShowKategori&kategori=3 [6] Bobby Bola. Retrieved July 3, 2013, from
www.edu-games.com/?Ref=ShowKategori&kategori=1
[7] Diner Dash. Retrieve July 3, 2013, krom
www.playfirst.com/home