Sistem Informasi Produksi Lis Gypsum pada PT. Asri Indah Surabaya

Alfeus Alfeus(1*), Djoni Haryadi Setiabudi(2), I Gede Agus Widyadana(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Asri Indah adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi bahan bangunan gypsum. Setiap lis gypsum yang diproduksi memiliki jenis dan ukuran yang berbeda sehingga mengalami kesulitan dalam menentukan harga pokok produksinya (HPP). Pada bagian produksi juga memiliki masalah yaitu seringnya terjadi kesalahan dalam pertukaran data yang berujung pada miskomunikasi antara produksi dan gudang bahan baku dan kesalahan dalam penjadwalan produksi. Pembuatan laporan yang dibutuhkan perusahaan juga masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, berdasarkan masalah yang dipaparkan di atas, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi (SI) yang mampu mengolah data-data dari proses produksi menjadi informasi berupa penentuan harga pokok produksi, penjadwalan produksi dan laporan yang dibutuhkan oleh perusahaan PT. Asri Indah Surabaya.

Sistem ini akan dibuat berbasis website menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript, AJAX serta menggunakan database MySQL. Sistem Informasi akan dibagi menjadi 5 hak akses yaitu Admin, Produksi, Gudang Bahan Baku, Gudang Barang Jadi, dan Pimpinan. Masing- Masing hak akses akan memiliki fitur sesuai kebutuhannya.

Realisasi sistem ini menyimpulkan bahwa harga pokok produksi pada PT. Asri Indah dapat terhitung secara otomatis dan sudah terbukti melalui perbandingan pehitungan manual dan sistem, penjadwalan produksi secara FIFO dapat dilakukan secara otomatis, laporan yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat terpenuhi, sehingga mempermudah perusahaan dalam melihat informasi produksi. dan berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan, untuk tampilan aplikasi 80% responden memberi nilai baik dan 20% responden memberi nilai sangat baik, untuk kemudahan memahami aplikasi 60% responden memberi nilai baik, 20% responden memberi nilai sangat baik dan 20% responden memberi nilai cukup, untuk menjawab kebutuhan 100%  responden memberi nilai baik, dan untuk keseluruhan aplikasi 100% responden memberi nilai baik.

Keywords


Production; COGS; IS

Full Text:

PDF

References


Ridwan, I. 2014. Sistem Informasi Produksi dan Penjualan pada CV.Karya Cypta Gypsum. Unikom Ungraduate Theses.

Ariefiansyah dan Utami. 2012. Cara Instan Membuat Harga Pokok Penjualan. New Agogos, Jakarta.

Halim, Bambang, Kusufi. 2013. Akuntansi Manajemen. Edisi kedua, Cetakan ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Supriyono, RA. 1983. Akuntansi Biaya : Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Edisi kedua, Cetakan pertama. BPFE, Yogyakarta.

Mulyadi. 2005. Akuntansi Biaya. Edisi kelima, Cetakan ketujuh. UPP AMP YPKN, Yogyakarta

Oetomo, Budi Sutedja Dharma. 2002. Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi. Andi, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :