Texture Mapped Paper Pop-Ups
Abstract
Origamic architecture (OA) merupakan papercraft yang dapat mereplika struktur arsitektural, pola geometri, dan objek tiga dimensi (3D) lainnya dalam bentuk pop-up hanya dengan melipat dan menggunting satu buah kertas. Rancangan image 2-dimensi yang dapat direalisasikan menjadi OA disebut OA plan. Pemberian texture pada OA plan dapat digunakan untuk menampilkan detail visual pada OA yang dihasilkan. Akan tetapi, desain OA plan cenderung memiliki bentuk geometri yang berbeda dengan objek aslinya sehingga texture objek asli tidak dapat dengan mudah diberikan kepada OA plan.
Terdapat 2 metode untuk memberikan texture pada OA plan, yaitu 45o texture projection dan 90o texture projection. Metode dirancang agar dapat mencegah perembesan texture, meminimalisasi bagian OA plan yang belum mendapatkan texture (holes) dengan inpainting, dan meminimalisasi distorsi pada texture yang diberikan. Disediakan juga metode untuk memvisualisasikan OA plan yang diberi texture dalam 3-dimensi agar memudahkan pengguna dalam membayangkan hasil realisasi OA plan.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa texture yang diberikan sudah berhasil mencegah perembesan texture dan meminimalisasi holes. Metode 90o texture projection memberikan distorsi pada objek yang memiliki texture berstruktur. Metode visualisasi sudah dapat memvisualisasikan OA plan dengan baik.
References
[1] Barnes, C., Shechtman, E., Finkelstein, A. & Goldman, D.B. (2009, August). PatchMatch: A Randomized Correspondence Algorithm for Structural Image Editing. Paper presented at ACM Transactions on Graphics (Proc. SIGGRAPH), New York, USA.
[2] [Java]-PatchMatch. Retrieved March 12, 2013, from http://www.developpez.net/forums/d947804/autreslangages/algorithmes/contribuez/java-patchmatch-inpainting-texture/
[3] Sang, L.N. (2013). Surface- and Contour-Preserving Origamic Architecture Paper Pop-Ups. Unpublished Ph.D. thesis, National University of Singapore, Singapore.
[4] Slater, M., Steed, A. & Chrysantou, Y. (2001). Computer Graphics And Virtual Environments: From Realism to Real-Time. USA: Addison-Wesley.
[5] X.-Y. Li, C.-H. Shen, S.-S. Huang, T. Ju, and S.-M. Hu. (2010) “Popup: Automatic Paper Architectures from 3D Models”. Paper presented at ACM SIGGRAPH 2010 papers, pp. 1–9.