Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pencarian dan Navigasi Fasilitas Umum Berbasis Android

Dimas Adiputra Gunawan(1*), Gregorius Satia Budhi(2), Rolly Intan(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini smartphone berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya smartphone dengan sistem operasi Android. Saat ini semakin banyak para pengguna yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android ini. Hal tersebut juga ditunjang dengan perkembangan aplikasi yang tersedia untuk Android. Kita dapat melihat pada Google Play, sangat banyak aplikasi Android yang tersedia dan dapat digunakan oleh pengguna.
Salah satu contoh aplikasi yang cukup banyak diminati adalah aplikasi dengan fitur pencarian tempat - tempat yang sering dikunjungi. Misalnya rumah makan, rumah sakit, hotel, dan sebagainya. Tapi masih sangat kurang aplikasi yang menyediakan fitur tersebut untuk di Indonesia.
Aplikasi CityNavi ini dibuat dengan dasar sistem operasi Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mencari tempat - tempat seperti rumah sakit, hotel dan SPBU. Selain itu juga, pengguna dapat memberi komentar, nilai, menambah data tempat yang baru, serta menggunggah foto.
Dan setelah dilakukan uji coba, aplikasi ini bisa mendapatkan lokasi pengguna dengan menggunakan GPS dari ponsel pengguna dan dapat mencari lokasi fasilitas umum yang berada di sekitar pengguna.

Keywords


Point of Interest, PhoneGap, Navigation, Android

Full Text:

PDF

References


. Lunny, Andrew. (2011). PhoneGap Beginners Guide. Brimingham : Packt Publishing Ltd.

. Calculate distance, bearing, etc. Between 2 Latitude/Longitude points. Retrieved Juni 14, 2013. from http://www.yourhomenow.com/house/haversine.html.

. Reid, Jon. (2011). jQuery Mobile. Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.

. JSON. Retrieved Maret 09, 2013. from http://www.json.org

. Kadir, Abdul. (2011). Buku Pintar jQuery dan PHP. Yogyakarta: MediaKom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :