Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Matematika untuk Android Mobile dengan Komunikasi Device-Server
Keywords:
Kargo, Sidotopo, Stasiun, Surabaya, TerminalAbstract
Belakangan ini, perkembangan Android semakin meningkat di pasaran. Pengguna android berasal dari berbagai kalangan. Tidak hanya orang dewasa saja yang mengenal gadget ini, melainkan anak-anak pun senang memainkan gadget ini. Adanya teknologi yang berkembang seperti ini menjadikan anak-anak semakin malas untuk belajar, mereka lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain dengan gadget mereka.
Oleh karena itu, pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi yang dapat membantu pembelajaran anak-anak melalui device Android, khususnya pada pelajaran Matematika. Dengan adanya aplikasi ini, anak-anak akan diajak belajar sekaligus bermain, sehingga belajar akan menjadi lebih menarik bagi anak-anak. Aplikasi yang digunakan untuk mengimplementasikan penelitian ini yaitu aplikasi Eclipse. Pada aplikasi juga diterapkan penggunakan Google Cloud Messaging untuk membantu komunikasi antara dua device saat multiplayer game dimainkan.
Hasil pengujian aplikasi menunjukan bahwa proses penggunaan aplikasi membutuhkan koneksi internet yang kuat, terutama saat mengimplementasikan multiplayer game. Aplikasi ini nantinya dapat dikembangkan sehingga dapat menambah pengetahuan anak-anak terhadap pelajaran lain selain matematika.References
[1] DiMarzio, Jerome (2008). Android A Programmer’s Guide
[2] Deitel, Paul; Deitel, Harvey; Deitel, Abbey; Morgano, Michael (2012). Android for Programmers And App-Driven Approach
[3] NVIDIA (2010). Tegra Android Accelerometer Whitepaper.
[4] Chen, Gang (2011). How to Convert 3-Axis Directiond and Swap X-Y Axis of Accelerometer Data within AndroidTM Driver.
[5] Nerieri, Francesco (2012). Cloud Messaging in Android.