PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN FISIKA LISTRIK DINAMIS UNTUK SMA KELAS X BERBASIS ANDROID

Andy Gunawan(1*), Justinus Andjarwirawan(2), Ibnu Gunawan(3),


(1) Informatics Department,PCU
(2) Informatics Department,PCU
(3) Informatics Department,PCU
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi terus berkembang dari tahun ke tahun. Salah satu teknologi tersebut adalah Android yang berkembang sejak 5 November 2007 sampai sekarang. Adanya mobile device berbasis Android yang dapat membantu setiap siswa dalam bidang pendidikan. Namun di dunia SMA, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar materi fisika khususnya pembelajaran listrik dinamis yang cukup membingungkan.
Adanya Android sekarang ini, dirancang sebuah aplikasi untuk membantu siswa dalam belajar. Aplikasi ini berisi materi-materi listrik dinamis yang membantu siswa dalam belajar. Aplikasi juga memberikan latihan soal yang membantu siswa dalam pemahaman pembelajaran listrik dinamis.
Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini dapat menjalankan fungsi download untuk update, menampilkan materi listrik dinamis, soal pilihan, soal multi, serta fungsi lain yang telah disebutkan. Aplikasi ini membutuhkan internet yang stabil agar proses download dan load gambar dapat berjalan dengan baik.

Keywords


Listrik Dinamis, Sekolah Menengah Atas, Fisika, SQLite, Android

Full Text:

PDF

References


Handayani, S., & Damari, Ari. (2009). Fisika untuk SMA dan MA Kelas X.

Nurachmandani, Setya. (2009). Fisika 1 untuk SMA/MA Kelas X.

Nainggolan, Sahat. Ir. (2008). Latihan Soal-soal Fisika SMA Kelas 1,2,&3. Jakarta: Penerbit Kawan Pustaka.

Hardianto, Deni. (2011). Mendesain Komputer Sebagai Media Alternatif Belajar Mandiri. Retrieved July 7, 2014 from http://staff.uny.ac.id/sites/default/ files/penelitian/Deni%20Hardianto,%20M.Pd./Mendesain%20Komputer%20Sebagai%20Alternatif%20Belajar%20Mandiri.pdf.

Nugroho, F.A., Fatchur, Adian. ST.MT. (2010). Pembelajaran Berbasis Multimedia. Retrieved July 7, 2014 from http://www.elektro.undip.ac.id/el_kpta/ wp-content/uploads/2012/05/L2F606023_MKP.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :