PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI DATA MINING MULTIDIMENSIONAL MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-TREE UNTUK TOKO X

Timotius Jayadi Pranoto(1*), Gregorius Satia Budhi(2), Silvia Rostianingsih(3),


(1) Informatics Department,PCU
(2) Informatics Department,PCU
(3) Informatics Department,PCU
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko X adalah sebuah toko retail yang menggunakan sistem komputerisasi dalam menjalankan proses bisnisnya. Dalam menjalankan bisnisnya, Toko X mengalami kendala dalam menentukan peletakan barang di dalam toko, membuat promo bundling untuk meningkatkan penjualannya, serta mengetahui barang-barang apa saja yang laku terjual pada periode waktu tertentu. Dengan banyaknya data yang harus dianalisis maka dibutuhkan suatu sistem pendukung yang melibatkan data transaksi penjualan, data barang, data departemen, dan data kategori Toko X.

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka dilakukan pembuatan perangkat lunak berbasis data mining.Data mining merupakan teknik menggali data berskala besar untuk melakukan ektraksi informasi di dalamnya. Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode market basket analysis dimana metode tersebut akan menganalisa barang berdasarkan level barang pada dimensi barang dan terhadap dimensi waktu pada waktu transaksi penjualan. Software dibuat dengan menggunakan algoritma FP-Tree dan menggunakan bahasa pemograman java dan Firebird database.

Dengan menggunakan output dari software, berupa association rule dan grafik, pengambil keputusan dapat mengetahui relasi antar barang untuk menentukkan peletakkan barang dan promo bundling, serta mengetahui barang apa yang sering terjual pada suatu periode waktu tertentu. Berdasarkan pengujian, aplikasi dapat berjalan dengan baik, Hasil kuisioner dari user menujukkan 88% informasi yang diberikan akurat, 80% desain tampilan, 88% kemudahan penggunaan aplikasi, 84% penggunaan bahasa dalam menyampaikan informasi, dan 88% bagi petunjuk yang diberikan dalam membantu user menggunakan aplikasi.


Keywords


Market Basket Analysis, FP-Tree, Data Mining.

Full Text:

PDF

References


Erwin,2009, “Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori dan FP-Growth”. [Online] tersedia : http://eprints.unsri.ac.id/83/1/6-Erwin.pdf.

Abadi, Budiwati 2007. Perancangan dan pembuatan aplikasi data mining multi-level dan multi-dimensional association rules untuk proses market basket analysis PT. Maha Agung. (TA NO: 02010586/INF/2007 ). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Purnama, I Wayan Jatu, 2009. “Pembuatan aplikasi data mining market basket analysis pada minimarket Sembilan dengan metode hybrid-dimension association rules“.

D, Ni Wayan Yessy. 2010. “Pembuatan aplikasi untuk menunjang analisa track record penyakit di RSU Dr. Soetomo dengan menggunakan metode hybrid dimension association rules”(TA NO: 02020917/INF/2010).Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Budhi, Gregorius S.; Yulia; Abadi, Budiwati. Model Rule: Multilevel And Multidimension Association Rule untuk Analisa Market Basket Pada PT. Maha Agung. Proceeding of the 12th Industrial Electronics Seminar 2010. Surabaya, 3 November 2010.

Han, J., Pei, Jian, and Kamber, M,2012, “Data Mining Concepts and Techniques ThirdEdition”. Morgan Kauffman, San Francisco.

Olson, David and Yong Shi,2007, “Introduction to bussines data mining”. McGraw-Hill, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :