PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA TOKO NIAGA MOJOKERTO

Yuzion Sanjaya(1*), Lily Puspa Dewi(2), Leo Willyanto Santoso(3),


(1) Informatics Department, PCU
(2) Informatics Department, PCU
(3) Informatics Department, PCU
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko Niaga Mojokerto merupakan sebuah Toko yang bergerak di bidang retail dari alat - alat bangunan seperti mesin bor, alat-alat pertukangan, mesin beji, dan lain - lain. Toko Niaga juga menjual barang - barang bangunan seperti paku, pipa, selang, cat tembok, dan lain-lain.Dalam melakukan proses bisnisnya, pencatatan akuntansi masih belum secara menyeluruh. Proses yang masih manual tersebut memiliki banyak  risiko. Salah satu risiko yang sering sekali terjadi adalah risiko human error. Untuk itu proses akuntansi ini harus dikomputerisasi dengan Sistem Informasi Akuntansi.Oleh karena itu, dengan mengimplementasikan Sistem Informasi Akuntansi, maka proses pencatatan akuntansi dalam Toko ini akan lebih terstruktur dan mengurangi human error yang dapat terjadi.

Berdasarkan latar belakang permasalahan itu, penulis merancang sistem informasi akuntansi yang dapat melakukan penjurnalan secara otomatis dan menghitung laba rugi dengan lebih tepat dan mudah. Proses pembuatannya menggunakan PHP dan Mysql.

Secara keseluruhan aplikasi ini telah sesuai dengan kebutuhan toko.Aplikasi ini dapat membantu owner dalam mengetahui keadaan keuangan toko melalui laporan – laporan yang dihasilkan oleh aplikasi ini.Hasil yang diperoleh dari aplikasi yang telah dibuat antara lainlaporan laba rugi,laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan penjualan, laporan pembelian, laporan hutang, laporan piutang, laporan kas masuk, laporan kas keluar, dan buku besar

Keywords


Jurnal, Laporan Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Datar, S. M., Foster, G., Horngren, C. T. (2011).Cost Accounting : A managerial Emphasis (14th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Warren, C. S., Reeve, J. M, Duchac, J.(2011) Accounting. Boston: Cengage Learning.

Romney, Marshal R. & Paul John Steinbart,(2011)Accounting Information System (12th ed) .United States :Prentice Hall

Mujilan,Agustinus.(2012).Sistem Informasi Akuntansi Teori dan Wawasan di Dunia Elektronis.Madiun : WIMA Pers

Kieso, D. E. , Kimmel, P. D. & Weygandt, J. J. (2010).Accounting Principles (9th ed). Hoboken : John Wiley & Sons Pte Ltd.

Solichin,Achmad.(2010).MySQL Dari Pemula Hingga Mahir.Jakarta : Universitas Budi Luhur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :