Aplikasi Game yang Menerapkan Metode Autonomous NPC untuk Mengkoordinasi AI dari Enemy

Evan Sanjaya(1*), Gregorius Satia Budhi(2),


(1) Program Studi Teknik Informatika
(2) Program Studi Teknik Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam action game belakangan ini, biasanya player akan dihadapkan dengan banyak AI secara bersamaan. Agar dapat memberikan tantangan terhadap player akan dibutuhkan kelakuan yang kompleks. Untuk menciptakan kesan ini, AI tersebut harus dapat berkoordinasi dengan yang lain dalam menyerang player tanpa menghilangkan gameplay yang baik dan seimbang.
Untuk dapat membuat AI tersebut, maka akan ditambahkan mekanisme attack slot, exclusion zone, trigger system, enemy event, player mutex, allowed zone, dan blackboard untuk membantu AI saling berkomunikasi dan mengatur sikap dari AI dalam menghadapi sebuah situasi.
Dari hasil pengujian, bisa dilihat bahwa player dapat melawan sejumlah AI sekaligus dan memiliki kesempatan untuk menang. AI tersebut juga bisa terlihat berkoordinasi dalam perlawanan mereka terhadap player. Masalah yang dapat terjadi adalah dalam penggunaan attack slot dan exclusion zone harus memperhitungkan jumlah enemy yang bisa menempati slot yang sama karena bila terlalu banyak dapat megakibatkan enemy saling berebut tempat dan menghilangkan kesan berkoordinasi. Dalam penggunaan player mutex harus dipastikan pengembaliannya oleh enemy yang mengambil. Kegagalan dalam mengembalikan mutex tersebut akan membuat semua enemy lain tidak dapat menyerang.

Keywords


Game, AI, Koordinasi

Full Text:

PDF

References


Buckland, M. (2005). Programming Game AI by Example. Woodware Publishing.

Adams, E. (2010). Fundamentals of Game Design second edition. New Riders.

Garcés, D. (2006). “Achieving Coordination with Autonomous NPC.” Game Programming Gems 6. Charles River Media.

Isla, D., & Blumberg, B. (2002). “Blackboard Architectures.” AI Game Programming Wisdom. Charles River Media.

Orkin, J. (2002). “A General-Purpose Trigger System.” AI Game Programming Wisdom. Charles River Media.

Rabin, S. (2002). • Rabin, Steve. “Enhancing a State Machine Language Through Messaging.” AI Game Programming Wisdom. Charles River Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :