APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN RASIO KEUANGAN PADA PT. KARUNIA PRIMA ENGINEERING SURABAYA

Kevin Hendrajaya(1*), Adi Wibowo(2), Alexander Setiawan(3),


(1) UK. Petra
(2) UK. Petra
(3) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Karunia Prima Engineering adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor dari alat – alat industri seperti PLC, Inverters, Servo, HMI, Vision Sensor, dan lain – lain. Dalam kegiatannya sehari-hari PT. Karunia Prima Engineering masih menerapkan sistem manual dalam proses pencatatan transaksi dan menentukan laba rugi. Dengan sistem pencatatan yang masih manual tersebut memiliki banyak resiko. Salah satu resiko yang sering sekali terjadi adalah resiko human error. Untuk itu proses akuntansi ini harus dikomputerisasi dengan Sistem Informasi Akuntansi. Oleh karena itu, dengan mengimplementasikan Sistem Informasi Akuntansi, maka proses pencatatan akuntansi dalam perusahaan ini akan lebih terstruktur dan mengurangi human error yang dapat terjadi. Selain itu perusahaan juga dapat menganalisa kinerja dari perusahaannya apakah semakin baik ataukah semakin buruk dari periode yang sebelumnya.
Aplikasi memiliki kemampuan dalam pembuatan database master untuk supplier, customer, barang, COA, dan barang. Transaksi meliputi transaksi pembelian, penjualan komponen, penjualan proyek, penyesuaian stok, retur penjualan, serta pembuatan jurnal secara otomatis.
Secara keseluruhan aplikasi yang telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Aplikasi ini dapat membantu owner dalam mengetahui keadaan keuangan perusahaan melalui laporan – laporan yang dihasilkan program karena semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan sudah terintegrasi dengan jurnal otomatis yang digunakan sebagai bahan pembentuk laporan yang cepat dan dari kuisioner yang dilakukan diketahui bahwa menurut 60% user berpendapat aplikasi sudah bermanfaat dengan baik bagi perusahaan dan 40% user berpendapat aplikasi sudah bermanfaat dengan sangat baik.

Keywords


Jurnal, Rasio Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Fees, Reeve, Warren. (2005). Pengantar Akuntansi, Edisi 21. Jakarta : Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Weygandt, Jerry J. and Kieso, Donald E and Kimmel, Paul D. (2008), Accounting Principles (8th edition). US : John Wiley & Sons, Inc.

Sihombing, Daulat (2008), Peranan Analisis Rasio Keuangan dalam Memprediksi Kesehatan Perusahaan Tekstil dan Alas Kaki yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sumatra Utara : Universitas Sumatra Utara

Hall , James. (2007). Sistem Informasi Akuntansi Edisi 4. Diterkemahkan oleh: Dewi Fitriasari dan Deny Amos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.

Kieso, Weygandt, Warfield. (2010). Intermediate Accounting (13th ed). New York: Johm Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :