PENENTUAN KEBUTUHAN JUMLAH TENAGA KERJA PADA DEPARTEMEN MPC DI PT. XYZ

Hanna Stephanie Sugiono(1*), Herry Christian Palit(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. XYZ adalah anak perusahaan asing dari X-group yang bergerak pada bidang plastik packaging kosmetik. PT. XYZ berusaha menekan biaya tenaga kerja dengan menentukan kebutuhan jumlah tenaga kerja di tiap departemen. Penelitian ini dilakukan pada Departemen MPC. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi biaya tenaga kerja dengan mengevaluasi beban tenaga kerja pada Departemen MPC. Metode yang digunakan adalah metode Full Time Equivalent (FTE). FTE digunakan untuk menghitung beban kerja karyawan, dimana hasilnya dijadikan dasar untuk menentukan kebutuhan tenaga kerja Departemen MPC. Total nilai FTE operator mixing adalah 2,8 yang berarti membutuhkan tiga orang. Nilai FTE operator giling adalah 1,08 yang berarti membutuhkan satu orang. Nilai FTE teknisi colouring adalah 0,74 yang berarti membutuhkan satu orang. Jumlah karyawan yang dibutuhkan pada kondisi awal enam orang berkurang menjadi lima orang.


Keywords


Beban Kerja, Penentuan, Karyawan, Full Time Equivalent.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, W., & Sukmawati, A. (2013). "Analisis Beban Kerja Sumber Daya Manusia dalam Aktivitas Produksi Komoditi Sayuran Selada". Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol IV, No. 2.

Dewi, U., & Satriya, A. (2012). Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja Karyawan Pada PT.PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Bidang Sumber Daya Manusia Dan Orgnisasi. Jakarta: Jurusan Manajemen SDM Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia. Pedoman Perhitungan Kebutuhan Pegawai Berdasarkan Beban Kerja dalam Rangka Penyusunan Formasi Pegawai Sipil (Kep.Men.PAN Nomor: KEP/75/M.PAN/7/2004). Jakarta (ID): Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Niebel, B. W., & Freivalds, A. (2009). Methods, Standards, and Work Design. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Qodri Z, M. L. (2014). Panduan Lengkap HR & GA. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sembiring, J. J. (2010). Smart HRD: Perusahaan Tenang, Karyawan Senang. Jakarta: Visimedia.

Sutalaksana, I. Z., Anggawisastra, R., & Tjakraatmadja, J. H. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sutalaksana, I., Anggawisastra, R., & Tjakraatmadja, J. H. (1979). Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Departemen Teknik Industri ITB.

Wignjosoebroto, S. (2006). Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu (4th ed). Surabaya: Guna Widya.

Zimmerman, P. (2002). Nursing Management Secrets. Elsevier Health Sciences.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.