Sekolah dasar dengan Kurikulum ACE di Surabaya

Kevin Tjitro S. Tjitro S.(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek adalah sekolah dasar dengan kurikulum ACE yang berada di Surabaya. Keunikan dari kurikulum ACE ini adalah dalam metoda pembelajarannya dan materinya. Metoda belajar yang diterapkan adalah metoda self-learning dimana anak-anak belajar sendiri dengan mandiri dan guru hanya sebagai pendamping saja. Berbeda dengan sekolah umum dimana guru mengajar di depan dan murid-murid mendengarkan. Selain itu, semua materi yang diberikan berpusat dan berdasar pada Alkitab, sedangkan sekolah umum memberikan materi yang berpusat pada penalaran dan memisahkan Alkitab dari subjek ilmu pengetahuan. Proyek ini terdiri dari fasilitas pendidikan, gedung serbaguna, dan fasilitas pendukung. Murid-murid sekolah dasar merupakan anak berumur 6-12 tahun yang memiliki karakter senang bermain, bergerak, dan berkelompok. Permasalahan desain yang saya ambil adalah bagaimana mendesain sekolah dasar dengan karakter anak yang berbeda-beda, bagaimana mengatasi anak-anak yang mudah bosan dalam belajar dan mengakomodasi tempat berkumpul buat anak-anak dapat berkumpul dan berinteraksi. Pendekatan yang saya ambil adalah pendekatan perilaku karena pendekatan ini sangat cocok untuk menjawab permasalahan desain. Pendalaman yang digunakan adalah karakter ruang.

Keywords


sekolah dasar, kurikulum ACE, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :