Rumah Susun untuk Nelayan di Tarakan

Anthony Alexander Kristianto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tarakan adalah sebuah kota yang terletak di sebuah pulau tersendiri, sehingga tidak heran seluruh sisi kota ini berbatasan dengan garis pantai. Hal ini mempengaruhi mata pencaharian penduduk Tarakan yang mayoritas adalah nelayan. Tingginya pertumbuhan penduduk yang berprofesi sebagai nelayan membuat pemukiman di sekitar garis pantai menjadi tidak teratur dan mengarah ke pemukiman kumuh.
Proyek ini merupakan sebuah hunian vertikal yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan dari segi kebutuhan papan, serta mengurangi padatnya pemukiman di daerah tepi pantai. Latar belakang yang melandasi lahirnya proyek ini adalah kondisi pemukiman di daerah garis pantai yang padat dan kumuh, sehingga membuat hunian tidak sehat dan merusak ekosistem tepi pantai Oleh karena itu, dengan adanya fasilitas ini diharapkan mampu menciptakan hunian yang lebih layak huni dan dapat mendukung kegiatan dan kebiasaan nelayan.
Pendekatan perilaku digunakan untuk membawa menjaga kegiatan dan kebiasaan nelayan dalam tatanan hunian horizontal yang dipindahkan dalam suatu tatanan vertikal.


Keywords


rumah susun, nelayan, Tarakan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :